Kodim 0508/Depok dan Polres Sinergi Antisipasi Banjir

Balaikota | Depok Terkini

Kodim 0508/Depok dan Polresta Depok bersama Pemerintah Kota Depok menggelar apel gabungan antisipasi banjir. Kegiatan yang digelar di Lapangan Balaikota Depok tersebut menampilkan kesiapan pasukan serta peralatan menghadapi banjir seperti pompa dan perahu karet.

"Ini apel gelar personel kelengkapan cek kesiapan bencana alam, wilayah kota Depok kalau mulai musim hujan bahaya banjir kami siapkan pasukan. Hanya tempatnya dan kapan waltunya belum jelas. Kita tetap siaga dan antisipasi," tegas Dandim 0508/Depok Letkol Inf Santosa, Jumat (27/11).
Selain itu, PMI dan Satlak Banjir juga sudah siaga di Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok. "Posko tetap utama di Balaikota khususnya Disnakersos. Ada beberapa titik yang telah kita tinjau, diantaranya di Sawangan, Cimanggis, Beji, dan Sukmajaya," tegasnya.

Santosa menegaskan pihaknya menyiapkan perahu karet bersama polisi yakni berkoordinasi dengan PMI dan Damkar. Selain itu Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air juga menyiapkan empat pompa air untuk menyedot banjir.
"Damkar 5 perahu karet, PMI 2 perahu karet. Kaveleri 2 perahu karet. Polri 4 perahu karet. Sekitar 20 perahu karet. Bimasda pompa air 4 unit. Teknisnya, sesuai dengan SOP dibawah pimpinan Walikota kalau terjadi banjir segera laporkan ke Satlak kita pelaksana tunggu perintah langsung berangkat. Secepat mungkin tak tunggu besok," tegasnya.

Menurut Santosa banjir di Depok disebabkan kali yang meluap dan jebolnya tanggul. Salah satunya di wilayah Kali Laya dan Sawangan Bojongsari."Mudah-mudahan tidak jebol lagi. Kita berdoa saja," ungkapnya.

Kepala Disnakersos Kota Depok Diaah Sadiah menegaskan pihaknya sudah menyiapkan bantuan korban banjir berupa makanan, mie instan, obat - obatan, dan lainnya. Jika banjir memang tak terkendali, maka pihaknya siap mendirikan posko dapur umum dan kesehatan berkoordinasi dengan dinas terkait."Koordinasi, langsung semua turun. Kita berharap Depok tidak lagi jebol tanggulnya. Memang 6 titik potensi di Kali Laya kita pantau juga. Satgas banjir terus siaga. Kita selalu siap, kalau kami buffer stok siap semua begitupun dapur umum," ungkapnya.