UI Yakinkan Proses Pemilihan Rektor Transparan



Sejumlah mahasiswa melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI sempat mempertanyakan soal transparansi proses pemilihan Rekto (Pilrek). Padahal proses Pilrek telah berjalan yang dilakukan oleh Panitia Penjaringan Calon Rektor (PCR) dengan menjaring 25 bakal calon rektor. “Kan sudah ada wakil mahasiswa di dalam Majelis Wali Amanat (MWA) dan ikut mengawal proses ini mereka kan bisa bertanya. Kalau kami sudah lepas tugasnya sudah memberikan surat nama - nama ke MWA, prosesnya
kan sudah transparan ada wawancara dan proses lainnya," tegas Ketuai PCR  Prof. dr. Prijono Tjiptoherijanto , kemarin.
 
Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko memahami tuntutan mahasiswa yang terus mengawal proses pilrek. Namun memang dalam sistem penilaian dari 25 balon menjadi 7 calon dalam hal skor nilai tidak diumumkan."Mungkin mahasiswa ingin tahu, kriterianya dan penilaiannya. Kan mereka ada satu wakil dari unsur mahasiswa di MWA," tegasnya.
 
Farida menegaskan prosedur pilrek sudah dilakukan secara jelas seperti berkas administrasi, wawancara, cyber campaign, tanggapan masyarakat dan tes psikologi. Sehingga peran P3CR, lanjutnya, memang sudah selesai."MWA tetapkan dari tujuh menjadi tiga nanti. Itupun sudah melalui serangkaian penilaian. Nanti saat sudah menjadi tiga akan ada debat publik atau debat terbuka," tutup Farida.