Hari AIDS, PNS Depok Ikuti VCT



Balaikota | Depok Terkini

Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS), Dinas Kesehatan Kota Depok menggelar konsultasi dan pemeriksaan HIV (Voluntary Counseling and Testing (VCT) bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemkot Depok, Senin (2/12).


Wakil Walikota Depok M Idris Abdul Shomad menjadi peserta pertama dalam VCT yang berlangsung di Klinik Pemerintah Kota Depok.“VCT adalah sukarela untuk memeriksa darah sehingga mengetahui terkena AIDS atau tidak,” ujar Idris.


Menurutnya, VCT merupakan pintu masuk penting untuk pencegahan dan perawatan HIV. Karena VCT adalah layanan konseling dan tes HIV secara sukarela yang bersifat konfidensial dan secara lebih dini membantu orang mengetahui status HIV. Cara yang dilakukan dengan mendeteksi adanya antibodi HIV didalam sample darahnya.
Banyak orang yang selama ini tidak menyadari resiko perilakunya terhadap kemungkinan tertular atau pun menularkan HIV, dan karena tidak segera menjalani tes HIV perilakunya tetap saja berisiko tinggi. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan kesadaran untuk menjaga kesehatan diri sendiri, pasangan maupun (calon) anak-anak. Semakin cepat kita mengetahui status HIV kita, semakin banyak hal positif yang bisa kita lakukan dalam hidup ini. “Jangan takut menjalani VCT, karena konseling dalam VCT dijamin kerahasiaannya dan tes ini merupakan suatu dialog antara klien dengan petugas kesehatan,” ujar Idris.


Usai menjalani pemeriksaan, Idris juga menyatakan pentingnya ketahanan keluarga dalam penanggulangan AIDS. Dengan menggalakan gerakan sosisalisasi pemahaman tentang seks pada anak di keluarga, sebab anak-anak memiliki kecenderungan ingin tahu dan mencari tahu. Bila mereka tidak mendapatkan dari guru dan keluarga, maka ia akan mencari diluar, baik bertanya pada teman atau pun melalui dunia maya. Mencari diluar itulah yang mengkhawatirkan dan cenderung bahaya." Peran keluarga harus ditingkatkan dalam hal penyadaran pendidikan seks untuk menanggulangi AIDS, tandasnya.(swd)