Program RTLH Tingkatkan Kualitas Rumah Sehat

Cipayung | Depok Terkini

Perbaikan sebanyak 12 unit rumah tidak layak huni (RTLH) tahun anggaran 2014 di wilayah Kelurahan Cipayungjaya, Kecamatan Cipayung sudah rampung 80%.Bahkan, satu unit rumah milik warga direhab total dan menelan biaya perbaikan melebihin dari plafon dana stimulant yang diberikan Pemkot Depok.

Lurah Cipayungjaya, Sugino mengaku, warga sangat senang dan bergembira memperoleh dana perbaikan RTLH, karena program RTLH yang digulirkan Pemkot Depok telah meningkatkan kualitas rumah tinggal masing-masing dari kondisi reot menjadi lebih baik dan layak serta sebagai tempat tinggal yang sehat.

“Program RTLH memang sangat membantu warga dalam memperbaiki rumahnya agar lebih baik dan sehat untuk ditempat, untuk warga berterima-kasih kepada Pemkot Depok yang begitu besar perhatiannya dalam peningkatkan kualitas rumah warga,” kata Sugino kepada depokterkini.com, pecan lalu di kantor kelurahan.

Pada tahun 2014 ini Kelurahan Cipayungjaya, menurut dia, memperoleh bantuan dana stimulant dari program RTLH sebanyak 12 unit dengan nilai bantuan sebesar Rp18 juta/unit.”Saat ini bobot pekerjaan perbaikan keduabelas unit rumah itu sudah mencapai 80% tahap penyelesaian, sehingga sebelum akhir tahun ini sudah rampung seluruhnya,suksesnya program RTLH di Cipayungjaya karena besarnya swadaya masyarakat,” ujarnya.

Dengan nilai bantuan sebesar Rp 18 juta/unit, katanya, ada diantara warga yang langsung merehab total seluruh bangunannya, karena  kondisi bangunan rumahnya berpotensi ambruk.” Contoh rumah milik Mat Zeny yang direhab total, tentu saja biayanya melebihi dari plafon bantuan, ya ada swadaya masyarakat setempat,” paparnya.

Mat Zeny, seorang pemilik RTLH di RT02/RW08 tidak henti-hentinya memanjatkan rasa syukur dan terima kasih dengan program RTLH dari Pemkot Depok akhirnya rumah miliknya yang semula reot kini berubah menjadi sebuah rumah yang bagus.”Alhamdulillah dan terima kasih, dengan bantuan dari Pemkot Depok rumah saya kini menjadi bagus,” ucapnya.(jay)