Distarkim Bangun Kantor LPM Abadijaya

Sukmajaya | Depok Terkini
         
Dalam tahun anggaran 2014, Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kota Depok mengucurkan dana sebesar Rp190 juta untuk pembangunan kantor Sekretariat LPM Kelurahan Abadijaya di Kecamatan Sukmajaya.“Atas nama warga Kelurahan Abadijaya, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Depok melalui Distarkim yang telah mengucurkan anggaran untuk pembangunan kantor Sekretariat LPM Abadijaya,” kata Ketua LPM Kelurahan Abadijaya Antoni Sarumaha, kemarin.
         
Hal itu dikatakannya seusai mendampingi Lurah Abadijaya Suaibun dan Sekkel Abadijaya Achmad Munandar melakukan pennjauan ke pembangunan kantor Sekretariat LPM Abadijaya. Saat ini pemabngunan fasilitas tersebut hampir rampung.
         
Menurut Antoni, pembangunan kantornya diawali pada sekitar pertengahan 2014 lalu dengan memanfaatkan dana intensif LPM dari Pemkot Depok. Kemudian dalam pelaksanaannya mendapat dukungan dana dari sejumlah RW dan RT, yang terkumpul seluruhnya sebesar Rp24 juta.“Untuk mewujudkan kebutuhan kantor LPM itu, diajukan usulan bantuan dana ke Distarkim. Pada November 2014 turunlah anggaran sebesar Rp190 juta. Sekarang pembangunannya hampir rampung,” kata Ketua LKM Sejahtera Abadi ini.
         
Pembangunan kantor LPM ini, tambah Antoni, berdampingan dengan kantor kelurahan dan  terdiri dari dua lantai. Lantai bawah untuk LPM dan lantai atas untuk kegiatan LKM Sejahtera Abadi serta ruang serba guna.
         
Di bagian lain, Lurah Abadijaya Suaibun menambahkan, dengan adanya kantor LPM Abadijaya ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pengrus LPM dan sinergitas kemitraan dengan kelurahan dalam membangun wilayah Kelurahan Aabdijaya.“Kantor Sekretariat LPM ini sebagai bagian dari sarana dan prasarana pendukung seluruh kegiatan warga dan LPM sebagai mitra kelurahan. Diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja dan sinergitas dalam kebersamaan membangun wilayah kelurahan ini, salah satunya dapat berfungsi untuk ikut meningkatkan IPM di wilayah ini,” kata Suaibun.
         
Sebagai juara ketiga dalam Lomba Kinerja Kelurahan tingkat Kota Depok dan sebagai kelurahan berstatus OPD, kata Antoni, dalam tahun anggaran 2014 lalu wilayah Kelurahan Abadijaya mendapat banyak kucuran anggaran pembangunan dari Pemkot Depok dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.
         
Kucuran dana APBD Pemkot Depok dalam bentuk pembangunan fisik itu, antara lain dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Dibimasda) berupa pembangunan dan perbaikan jalan lingkungan (jaling) mencapai Rp2,083 miliar, jalan dan jembatan (JJ) sebesar Rp900 juta. Kemudian dari bidang Sumebr Daya Air (SDA) sebesar Rp 900 juta di antaranya berupa pembangunan dan perbaikan saluran air serta turap Kali Sugutamu.“Dari Distarkim mendapat kucuran  anggaran mencapai miliaran rupiah. Juga dari DKP sekitar Rp1,060 miliar,” kata Antoni.(ash)