Tahun 2014, IPLT sedot 1.494 Septictank



Cilodong | DepoK Terkini
         
Sepanjang tahun 2014, Unit Pelaksana Teknis Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu (UPT IPLT) Kota Depok telah melayani penyedotan 1.494 septictank milik warga yang tersebar di 11 kecamatan, sehingga mampu mengantongi realisasi perolehan retribusi melampaui target.
         
“Ya sepanjang 2014 lalu, UPT IPLT melayani penyedotan 1.494 septictank rumah tangga, tempat usaha dan niaga serta tempat ibadah. Sedangkan retribusi yang diperoleh 103%. Angka ini melampaui target sebesar Rp338.070.000 dari yang ditargetkan Rp329.580.000,” kata Kasubag TU UPT IPLT Kota Depok Pepen S kepada Depokterkini.com, kemarin.
             
Menurutnya, perolehan retribusi yang melampaui target itu berkat kerjasama semua pihak khususnya para petugas dan staf IPLT itu sendiri. Di mana sejak awal tahun anggaran 2014 dilakukan pembenahan manajemen di dalam instansi yang menjadi bagian dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan ini.
         
Kedepannya, lanjut Pepen, dalam tahun anggaran 2015 ini peroelhan retribusinya dapat lebih meningkat lagi. Terlebih lagi saat ini ditunjang dengan adanya dua unit mobil tanki penyedot tinja, menggantikan dua unit kendaraan yang sama buatan tahun 1993 dan merupakan ‘warisan’ dari Kabupaten Bogor.
         
“Saat ini IPLT memiliki 7 unit mobil tanki penyedot tinja. Kita juga kembali mengajukan pengadaan kendaraan yang sama sebanyak 3 unit lagi, juga mengajukan 1 unit lainnya ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar),” kata Pepen.
         

Dengan adanya 11 unit mobil tanki penyedit tinja itu, ujar Pepen, maka akan lebih optimal pelayanan penyeditan tinja yang dilakukan jajaran UPT IPLT Kota Depok. Di mana dengan 11 unit mobil tersebut, berarti setiap kecamatan dapat dilayani oleh 1 unit mobil tanki.(ash)