Disnakersos Gelar Latihan Membatik

Cimanggis | Depok Terkini

Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok menggandeng Karang Taruna menggelar latihan membatik dalam upaya memberdayakan pemuda. Latihan yang diadakan di Graha Insan Cita itu melibatkan Action Manajemen diikuti sedikitnya 50 pemuda Kota Depok.

”Kami berterimakasih kepada Action Manajemen yang telah bekerjasama dalam kegiatan ini. Ini kegiatan pertama kami, ke depan mudah-mudahan dapat berlanjut dan berkembang,” ujar Diah Sadiah, Kepala Disnakersos Kota Depok, kemarin.

Ia menambahkan, pelatihan kerajinan membatik yang digelar selama satu hari itu merupakan implementasi Depok yang meraih bonus demografi 10 tahun ke depan usia 18-45 tahun paling banyak di Kota Depok. Dari itu, pihaknya saat ini fokus pada karang taruna sesuai dengan amanah undang-undang.

”Tujuan lain yakni untuk meningkatkan kewirausahaan dan kemandirian dari anggota karang taruna. Pelatihan tersebut sangat menarik di mana dari pelatihan itu akan diambil lima orang yang nantinya dibawa ke Malaysia,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa dalam pelatihan kerajinan membatik itu juga diajarkan cara bagimana membatik khas Depok. Dikatakannya, bahan-bahan pewarna yang digunakan dalam membatik tersebut bersifat natural dari pepohonan sehingga tidak menyebabkan polusi tanah.

”Ini nantinya akan dikembangkan. Kami juga meminta kepada pihak Action Manajemen untuk terus membimbing kami sampai bisa menyediakan pewarna-pewarna alami. Jadi bukan hanya membatik saja tapi bagimana kita proses mewarnai dan lainnya,” katanya.

Action Manajemen mendapat kepercayaan dari CSR Bank Negara Indonesia (BNI). Komisaris Action Manajemen, Maksum Toha mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung acara yang diselenggarakan di Geraha Insan Cita.

Ketua Karang Taruna Kota Depok, Amsori AR menyambut positif atas kegiatan yang digagas oleh Disnakersos. Mudah-mudahan dari pelatihan ini nantinya muncul pengusaha batik di Kota Depok,” pungkasnya.