Kodim 0508/Depok Kuras Sampah di Sungai Ciliwung

Beji | Depok Terkini

Dalam rangka mewujudkan Indonesia bersih sekaligus peraihan Adipura Kota Depok, jajaran Kodim 0508/Depok kembali melakukan karya bakti peduli Ciliwung bersama tri  pilar, komunitas Ciliwung dan masyarakat., Selasa  (17/3). 

Ratusan personil gabungan itu menguras sampah-sampah yang berada di Sungai Ciliwung, maupun di bantaran sungai di wilayah RT04/01, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Depok.

”Aksi peduli Ciliwung rutin kita lakukan, semua sampah yang ada di aliran sungai maupun bantaran dikumpulkan menggunakan karung dan diangkut lima truk sampah dari Bimasda,”ujar Dandim 0508/Depok Letkol Inf Santosa saat ditemui di lokasi.

Menurut dia, pembersihan sampah juga dilakukan dengan menelusuri sungai menggunakan empat perahu karet. Semua jenis sampah diangkut, termasuk potongan kayu atau pohon yang menghalangi aliran air.”Ciliwung harus bersih dari sampah. Kita akan pantau terus secara berkala.”tegas Dandim.

Karena itu, Dandim meminta kepada masyarakat khususnya yang berada di bantaran Ciliwung agar tidak membuang sampah di sungai.”Mari kita jaga bersama-sama kebersihan sungai Ciliwung. Jangan ada lagi yang membuang sampah di sungai. Kita bantu Pemkot Depok untuk meraih Adipura,”tandasnya.

Dari pantauan di lokasi seluruh personil Kodim Depok terlihat membawa karung sambil memungut sampah yang berserakan di bantaran dan pinggir sungai. Anggota juga memotong bongkahan kayu pohon tumbang yang berserakan di bibir sungai  sekaligus diangkut ke truk sampah.