Mei, Pemkot Lakukan Sensus Penduduk

Balaikota | Depok Terkini

Pemerintah Kota Depok melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Depok akan melakukan sensus penduduk secara nasional pada bulan Mei 2015 mendatang. Pendataan tersebut merupakan sensus lima tahunan guna pemutakhiran data yang sudah dilakukan setiap tahunnya.

”Anggarannya sudah ada untuk pendataan di tingkat kelurahan. Karena itu tingkatkan koloborasi agar menghasilkan data yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan sebagai dasar pembangunan di Kota Depok,”ujar Ketua BPMK Kota Depok, Widyati Riyandani dalam acara  sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Kota Depok tahun 2015-2030 di Aula Balaikota Depok, Senin (16/3)


Menanggapi hal itu, Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan, selama ini ada titik tekan yang berbeda anatara BPS dan BKKBN. Namun, sebaiknya hasil sensus memiliki tingkat akurasi dan reliability yang sepadan. Akurasi dan validitas harus sepadan agar gambaran yang diberikan kompatibel. Untuk melakukan persiapan bulan Mei, BPMK harus melakukan koordinasi dan komunikasi lebih intensif dengan BPS, 

“Seluruh stakeholder terkait, diharapkan berpartisipasi mensukseskan sensus dengan penuh rasa cinta dan tanggung jawab,” pinta Walikota.

Tak lupa, Nur Mahmudi menghimbau Camat dan Lurah untuk sungguh-sungguh mensikapi proses pendataan menjadi alat bantu. Hadirnya sensus, sudah harus disikapi secara serius. Tanamkan rasa memiliki terhadap proses sensus , karena proses ini untuk memberdayakan mereka yang belum berdaya.

 “Sensus bukan untuk proyek, tetapi untuk memberikan gambaran faktual yang valid. Jangan sikapi sensus penduduk sebagai proyek. Jadikan sebagai peluang untuk memberikan input data yang baik dan benar. Karena aspek kependudukan sebagai titik sentral pembangunan. Keakuratan sensus penduduk sangat penting, dimana hasil sensus mengintegrasi kedalam berbagai kebijakan,” tegas Nur Mahmudi.