Walikota Geram Banyak Keramba di Situ Rawa Besar

 Pancoran Mas | Depok Terkini

Banyaknya keramba ikan yang berada di Situ Rawa Besar membuat geram Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail.  Keramba-keramba itu dinilai telah menyalahi aturan dan di Depok tidak boleh ada keramba di area perairan umum termasuk di Situ-situ.

”Saya sudah sampaikan bahwa keramba itu harus dibersihkan. Situ yang ada di Depok bukan Situ besar yang arus airnya mengalir dengan tidak sempurna . Jadi harus betul-betul dijaga kebersihannya untuk fasilitas umum,”tegas Nur Mahmudi saat meninjau SituRawa Besar bersama para OPD, Jum’at (20/3).

Karena itu, Walikota berharap warga yang memiliki keramba di SituRawa Besar dan Situ lainnya, segera membersihkan. “Sudah berkali-kali kita ingatkan bahwa Situ tidak boleh digunakan untuk keramba. Saya juga sudah bicara dengan warga dan LPM, bahwa masyarakat sekitar Situ menghendaki agar keberadaan Situ benar-benar tertib, bersih, dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,”ungkapnya.
Karena itu, Walikota menginginkan kepada semua pihak secara bersama-sama untuk mendisiplinkan masyarakat terkait kebersihan Situ. Keberadaan Keramba berpotensi  kotor dan terjadinya pencemaran lingkungan. Selain itu,  nilai  ekonomi juga tidak terlalu besar dan kontruktif.”Lebih baik kita mengutamakan Situ untuk kesehjateraan  masyarakat, seperti wisata, jogging, dan kesehatan,”terangnya.

Nur Mahmudi juga menyayangkan  adanya bangunan yang berdiri di pinggir Situ. Padahal secara teori bangunan yang berdiri harus berjarak 50 meter dari pinggir Situ.”Saya melihat disini ada ketidakdisiplinan, di pinggir Situ tidak boleh ada bangunan, nampaknya disini ada potensi termasuk bangunan sekolah yang berdiri dipinggir Situ,”tandas  Walikota.