Pemkot Siapkan Teknologi Kurangi Sampah TPA Cipayung

Pancoran Mas | Depok Terkini

Pemerintah Kota Depok akan lebih serius lagi untuk memperbaiki kondisi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Cipayung,  di kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Depok. Hal itu ditegaskan Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail saat meninjau TPA Cipayung, Jum’at (20/3).

”Kita perlu lebih serius lagi melaksanakan beberapa perbaikan, dan berupaya juga untuk melakukan teknologi tertentu agar bisa mengolah sampah menjadi energi dan produk sampah,”ujar Nur Mahmudi didampingi kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Zamrowi.

Menurut Nur Mahmudi, teknologi yang akan digunakanadalah memproses  tiga hal  sekaligus, yaitu proses pengolahan organik menjadi kompos baik ditingkat UPS maupun mandiri, proses mengintensifkan bank sampah, dan menangani sementara tumpukan sampah di TPA yang mencapai 500 ton perhari.  Namun demikian, katanya, kita juga harus menerima sebagian residu dari  upaya penerapan teknologi tersebut.

” Dinas Kebersihan saat ini sedang berjuang keras untuk menerapkan teknologi baru itu,”tuturnya.

Terkait rencana pembuangan sampah ke TPA gabungan Nambo, Nur menjelaskan, saat ini tengah melakukan koordinasi dengan  pemerintah provinsi dan tiga kawasan yaitu Kabupaten Bogor,  dan kota Bogor, bersepakat mendorong agar proses pembangunan Unit Pengolahan Sampah Terpadu di Nambo  bisa segera dioperasionalkan.

”Kita berharap tahun 2016 Nambo sudah selesai dan bisa beroperasi.  Namun kalau kita sudah bisa menerapkan teknologi itu mudah-mudahan tidak terbebani lagi dengan masalah sampah,”ungkapnya

Walikota juga memastikan rencana perluasan TPA Cipayung akan tetap dilakukan meskipun ada penolakan dari warga,”Perluasan tetap kita lakukan,”tandasnya.

Sebelumnya kepala UPT TPA Cipayung