Perangkat UN Online Capai 90 Persen

Kota Kembang | Depok Terkini

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Herry Pansila menargetkan perangkat Ujian Nasional Computer Based Test (UN CBT) akan selesai pada minggu ini. Dikatakannya, kesiapan pada minggu lalu baru mencapai 90 persen.

”Memang, minggu lalu baru mencapai 90 persen, namun kami yakin pada minggu ini persiapan terutama bagi sekolah yang menjalankan UN CBT perangkatnya akan selesai 100 persen,” ujar Herry, Senin (6/4).

Dengan begitu, lanjutnya, pada 13-16 April nanti diharapkan 16 sekolah yang mengikuti UN dengan sistem CBT dapat berjalan lancar. Ia menjelaskan, ada sekitar 4.800 siswa SMA sederajat yang akan mengikuti UN dengan sistem CBT di Depok.

Dijelaskannya, bahwa UN dengan menggunakan sistem CBT tidak hanya menghemat waktu akan tetapi juga mampu membuat siswa lebih konsentrasi terhadap soal dan jawaban yang dikerjakan.

”Dengan CBT konsentrasi anak tidak terpecah lagi, karena mereka tidak harus membulatkan jawaban seperti halnya menggunakan kertas. Selain itu juga dapat meminimalisir coretan di lembar jawaban dan kertas menjadi rusak,” katanya.

Untuk mengantisipasi padamnya listik pada saat UN CBT, Herry menjelaskan bahwa setiap sekolah telah menyiapkan genset. Tak hanya itu, pihaknya juga telah melayangkan surat ke PLN Depok agar tidak ada pemadaman.

”Kalaupun ada pemadaman hendaknya jangan di sekolah-sekolah. Syukur-syukur masyarakat pada saat itu mengurangi konsumsi listriknya. Yang jelas, hal tersebut telah kami antisipasi,” pungkasnya.(rt)