Satpol PP Hancurkan Puluhan Bangunan Liar di Jalur Pipa Gas

Beji | Depok Terkini

Sedikitnya 65 bangunan liar yang berdiri diatas lahan fasos-fasum dan jaringan pipa gas PT Pertamina di kelurahan Kemiri Muka, Beji, dihancurkan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Depok, Selasa (15/4).

Penertiban bangli yang melibatkan anggota kepolisian, TNI, PT KAI, Linmas, Satgas Bimasda, DKP dan masyarakat sekitar itu berlangsung dengan lancar tampa ada perlawanan sedikitpun.”Bangunan liar yang ditertibkan sebelumnya sudah kita berikan Surat Peringatan. Termasuk yang belum  diberikan SP dan berada di target sasaran akan kita tertibkan juga,”ujar Kasatpol PP Kota Depok, Nina Suzana.

Dikatakan Nina, sebelum dilakukan penertiban bangunan liar yang berada di kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji itu telah diberikan surat peringatan kepada pemilik bangunan agar membongkar bangunannya.”Dari investigasi kami, setelah diberikan SP, 80 persen bangunan sudah dibongkar sendiri oleh pemiliknya, dan kini meninggalkan tumpukan sampah,”terang Nina.

Untuk itu, Nina meminta Satgas Bimasda dan DKP untuk menuntaskan sampah-sampah tersebut hingga beberapa hari kedepan. Mengantisipasi pindahnya pemilik bangli ke lahan PT KAI, Nina menyatakan sudah bekerjasama dengan keamanan PT KAI untuk berjaga-jaga disekitar lahan KAI atau pinggir rel.

”Kami libatkan PT KAI untuk antisipasi luapan muntahan dari para penghuni bangli. Jangan sampai mereka pindah ke jalur PT KAI. Karena yang sekarang kita tertibkan itu merupakan pindahan dari jalur PT KAI yang pernah kita tertibkan beberapa waktu lalu,”tegasnya.


Selanjutnya, kata Nina, lahan yang telah dibersihkan itu nantinya akan ditanami pohon penghijauan oleh Badan Lingkungan Hidup dan DKP.(ndi)