Pemkot Siapkan Sarana Penyebrangan Jalan Khusus Lansia

Margonda | Depok Terkini

Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail bersama Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad dan Deputi BKKBN Sudibyo Alimoesa menyebrang bersama dengan para lansia di Jalan Margonda menggunakan sarana penyebrangan khusus lansia. Sarana penyebrangan yang menghubungkan Balaikota dan Polresta Depok itu di lengkapi pula dengan zebra cross, tombol lampu merah, dan tiga petugas Dinas Perhubungan (Dishub).

"Perda kota layak lansia telah diluncurkan, karena itu, kita perjuangkan terus sarana dan fasilitas bagi lansia. Tempat penyebrangan lansia ini merupakan sebagian kecil dari perjuangan kita untuk mewujudkan kota ramah lansia,"ujar Nur Mahmudi pada Hari Ulang Tahun Lansia di Balaikota Depok, kemarin.

Walikota berharap, para lansia tetap aktif dan produktif dalam menjaga kesehatan sehingga terwujud lansia yang tangguh dan mandiri,"yang tua tetap sehat, aktif dan produktif,"harapnya.

Menurut dia, perjuangan menuju kota ramah lansia masih belum berakhir. Dari lima kategori yang ditentukan, Kota Depok baru masuk satu langkah. Apalagi kondisi pertumbuhan lansia tidak bisa dibendung. Karenanya, pemerintah kota Depok telah menyiapkan sebanyak 608 Posbindu untuk dimanfaatkan para lansia dalam memeriksa kesehatannya.

Ketua Komda Lansia Kota Depok, Idris Abdul Shomad yang juga sebagai Wakil Walikota Depok mengatakan, masih banyak sebagian masyarakat yang salah persepsi dan menganggap bahwa lansia itu lemah dan loyo. Karena itu, Komisi Daerah (Komda) Lansia kota Depok berupaya merubah persepsi itu dengan memberikan dukungan penuh dan berupaya kongrit memberikan peran kepada lansia dalam pembangunan yang mengarah kepada perwujudan Kota Depok sebagai etalase dan representasi kota ramah lansia.

Komda lansia juga merangkul berbagai organisasi lansia yang ada di Depok guna mewujudkan kota ramah lansia."Kita bentuk juga lansia duta lingkungan, gelar dialog, seminar, roadshow dan curhat lansia di 11 kecamatan. Semua itu bertujuan menjadikan lansia yang sehat, bahagia, mandiri, produktif dan berkualitas,"jelas Idris seraya menambahkan jumlah lansia di Kota Depok saat ini sebanyak 105.933 jiwa atau 5,2 persen dari jumlah penduduk Depok. (ndi)

Posting Komentar

0 Komentar