IDI Siap Periksa Kesehatan Peserta Pilkada

Sukmajaya | Depokterkini.com

Para calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto (RSGS), Jakarta pada tanggal 29 Juli 2015.

Sebelum pelaksanaan pendaftaran pasangan calon dan tes kesehatan, di mana pada awal bulan Juli KPU dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Depok telah mengadakan pertemuan di Sekretariat IDI di Pesona Khayangan Depok.

Dalam pertemuan tersebut dilakukan MoU antara KPU Depok dengan IDI Cabang Kota Depok terkait tes kesehatan para calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok yang akan maju pada Pilkada tanggal 9 Desember 2015 mendatang.
 
Ketua IDI Cabang Kota Depok dr H Sukwanto Gamalyono, MARS mengatakan setelah penandatanganan MoU dengan KPUD Kota Depok, selanjutnya IDI akan memeriksa kesehatan para peserta Pilkada sesuai waktu yang ditentukan KPU. Dikatakannya, IDI akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan hasilnya diserahkan sepenuhnya kepada KPU.

”Ada dua tim dari IDI, yaitu tim pelaksana ada tiga dokter spesialis dan tim ahli dari RS Gatot Subroto. Tim pelaksana akan membantu tim ahli dalam melakukan pemeriksaan kesehatan para calon atau peserta Pilkada,” paparnya.

Gamal menjelaskan, tugas tim IDI Depok sebagai fasilitator yang akan membantu para calon dalam pemeriksaan oleh tim ahli.

”RS Gatot Subroto kita tunjuk sebagai tempat tes kesehatan karena memiliki peralatan lengkap sehingga di sana akan dilakukan mulai pemerikasaan sampai pada kesimpulan hasil pemeriksaan,” terangnya.

Titik Nurhayati Ketua KPU Depok mengemukakan kita terlebih dahulu melakukan pendaftaran  setelah pendaftaran pasangan calon, maka selanjutnya pada tanggal 29 Juli 2015 para calon akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan di RS Gatot Subroto Jakarta sesuai rujukan IDI Depok. 

”Besaran anggaran akan  disesuaikan dengan berapa pasangan calon yang akan maju dalam Pilkada nanti. Sudah ada standar mutu dan biaya pemeriksaan,” tandasnya. .

Sementara itu, dr. Sugiyono selaku ketua tim tes kesehatan dari IDI Depok menjelaskan  pemeriksaan kesehatan meliputi jasmani dan penyakit dalam, seperti paru-paru, jantung, saraf, mata, hidung dan telinga.

Selain itu, penunjang lainnya,  EKG, foto rongsen dada, audio metri, laboratorium,  meliputi  fungsi hati, ginjal dan lainnya.(Spt)



Posting Komentar

0 Komentar