UI Tuan Rumah Lomba MTQ Mahasiswa Nasional 2015

Beji | Depok Terkini

Universitas Indonesia (UI) terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV yang akan berlangsung 1 – 8 Agustus 2015 di kampus UI Depok.

Sebanyak 1.863 mahasiswa dari 167 Perguruan Tinggi di Indonesia akan berpartisipasi
dalam lomba MTQMN XIV. Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama UI dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI ini, mengusung tema “Membentuk Mahasiswa yang beriman, betakwa dan Berakhlaqulkarimah Menyongsong Indonesia Emas.” UI berpartisipasi pada saluruh musabaqah yang dilombakan dengan jumlah peserta lomba sebanyak 29 mahasiswa.

Sejumlah Perguruan Tinggi yang berpartisipasi diantaranya UI, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Syiah Kuala, Universitas Tadulako, Universitas Negeri Papua, Universitas Bina Nusantara, dan lainnya.

Terdapat 13 jenis musabaqah yang akan dilombakan tahun ini, antara lain Debat pengetahuan Alquran dalam bahasa Inggris, Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah tartilil Quran, Musabaqah Qira’at Sab’ah, Musabaqah Hifzhil Quran untuk 1 Juz, 5 Juz dan 10 Juz serta Musabaqah Khaththil Quran.

Adapun cabang lomba yang tergolong baru diperlombakan adalah lomba desain aplikasi Alquran berbasis komputer. MTQMN XIV UI akan melibatkan 105 anggota dewan hakim dan panitera. MTQMN XIV terbuka bagi mahasiswa aktif program Diploma atau Strata 1 atau Strata 2 dengan usia
maksimum 24 tahun dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, umum maupun yang berlatar belakang agama Islam.

Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQMN XIV yang juga Direktur Kemahasiswaan UI, Dr. Arman Nefi, SH, MM,  menuturkan UI akan berupaya membangun suasana ukhuwah Islamiyah dalam penyelenggaraan MTQMN XIV. Menurutnya, terdapat sejumlah perbedaan dalam MTQMN XIV dibandingkan dengan MTQMN sebelumnya, seperti nuansa kehadiran perwakilan duta besar negara-negara sahabat, terutama negara berpenduduk mayoritas Muslim yang akan menampilkan berbagai pagelaran seni dan budaya khas masing-masing negara.

Lebih lanjut, Arman memperkirakan MTQMN XIV ini akan menjadi MTQMN terbesar dari MTQMN sebelumnya, baik dari jumlah peserta, perguruan tinggi maupun bidang lomba.

UI mendukung sepenuhnya penyelenggaraan acara ini sebagai salah satu upaya terjalinnya ukhuwah islamiyah dengan para mahasiswa se-Indonesia serta pembinaan mental dan spiritual bagi melalui pemahaman da penghayatan terhadap isi kandungan Al-Qur’an. Sebagai perguruan tinggi
yang menjalankan fungsi pengajaran dan pendidikan.

" Melalui perlombaan ini diharapkan dapat memicu mahasiswa UI dan perguruan tinggi di Indonesia menjadi mahasiswa yang berilmu namun tetap memegang teguh ketaqwaan, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab,"harap Arman.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar