Zakat Fitrah Warga Depok Capai Rp.15 Milliar

Balaikota | Depok Terkini

Pembayaran zakat warga muslim Kota Depok pada Ramadhan tahun 2015 ini mencapai Rp.15,1 milliar. Hal itu diungkapkan Panitia Pelaksana dan Fasilitasi Keagamaan Kota Depok, Eka Bachtiar sebelum shalat Ied di Masjid Balaikota Depok, Kamis (17/7).

"Berdasarkan laporan dari Badan Amil Zakat Nasional Kota Depok, zakat fitrah warga Depok mencapai Rp.15,1 milliar,"ungkap Eka yang juga sebagai Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Depok.

Sebenarnya, kata Eka,  total potensi zakat warga Depok bisa mencapai Rp.42,7 milliar, dengan asumsi perotang Rp.23 ribu dari jumlah penduduk muslim Depok."Alhamdulillah, zakat yang masuk mencapai 70 persen dari wajib zakat,"terangnya.



Menanggapi hal itu, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail dalam sambutannya di hadapan ratusan jamaah shalat Ied mengatakan, potensi zakat kalau dilihat dari jumlah penduduk Depok yang mencapai 2 juta lebih bisa mencapai 87 persen dari warga muslim."Seharusnya zakat bisa mencapai Rp.25 milliar, namun demikian saya bersyukur yang tercatat di panitia Rp.15 milliar. Semoga nilai zakat itu mampu membuat kaum dhuafa memiliki tingkat kegembiraan yang sama dengan muzaki,"ujar Nur Mahmudi.

Walikota berharap semoga seluruh kaum muslimin di Kota Depok dalam perspektif penyaluran zakat bisa lebih ditingkatkan. Jika melihat dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Depok, lanjut Nur, bisa mencapai Rp.23 trilyun. Dari nilai itu, jika dikeluarkan sebesar 2,5 persen untuk zakat bisa menyelesaikan masalah kemiskinan.


"Potensi zakat harus dikelola dengan baik, saya berharap semua pengusaha punya kepedulian untuk mengeluarkan 2,5 persen dari hartanya. Mudah-mudahan semangat dan spirit di bulan Ramadhan bisa lebih ditingkatkan lagi,"tandas Nur Mahmudi.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar