Samsat Depok Siap Gulirkan Samsat Gendong

Sukmajaya | Depok Terkini

Guna memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, Samsat Depok akan menggulirkan layanan Samsat Gendong di berbagai Kecamatan. Inovasi itu diungkapkan Kasi Penerimaan dan Penagihan Dispenda Provinsi Jawa Barat Wilayah I/Depok, H.E Iwa Sudrajat kepada wartawan, Rabu (19/8).

Menurut dia, Samsat gendok nantinya hanya diawaki dua petugas menggunakan sepeda motor mendatangi tempat-tempat keramaian yang jauh dari Samsat induk."Petugas Samsat Gendong adalah pegawai Dispenda dan kepolisian. Mereka cukup membawa laptop dan fasilitas internet yang terkoneksi dengan Samsat induk. Petugas akan standby di kantor kelurahan, kecamatan atau tempat keramaian,"ujar Iwa.

Saat ini, lanjut Iwa, sarana dan fasilitasnya sedang dalam proses persiapan. Tiga unit sepeda motor jenis trail sudah disiapkan dan tinggal menunggu sistemnya saja."Mudah-mudahan dengan terobosan ini bisa membantu masyarakat untuk membayar pajak kendaraannya. Masyarakat lebih dekat bila ingin membayar pajak,"harap Iwa.

Ia menambahkan, layanan yang diberikan petugas Samsat gendong hanya berupa perpanjangan STNK satu tahunan saja, sedangkan untuk perpanjangan lima tahun, tetap harus ke Samsat induk. Iwa menilai wilayah yang jauh dari Samsat induk, yakni Kecamatan Tapos, dan Cimanggis. Karenanya, layanan Samsat gendong kemungkinan akan lebih banyak di wilayah tersebut.(ndi)