Kesbangpol Gelar Sosialisasi Pilkada Warga Kecamatan Pancoran Mas

Pancoran Mas | Depok Terkini

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok menggelar sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bagi masyarakat Kecamatan Pancoran Mas, di gedung Sekarpeni, Depok, Senin (14/9).

Sosialisasi bertujuan guna menciptakan Pilkada yang aman, sukses dan berkualitas. "Sosialisasi seperti ini direncanakan digelar di 11 kecamatan secara bertahap. Kali ini kecamatan Pancoran Mas dulu, besok kecamatan lain. Ada juga sosialisasi di segment tertentu,"jelas Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok, Taufan Abdul Fatah dalam laporannya.

Ia menjelaskan, jumlah warga yang diundang hanya 100 orang per kecamatan sesuai dengan pagu anggaran yang disiapkan."Dengan keterbatasan anggaran, yang diundang terdiri dari RT RW, dengan harapan mereka bisa menyerap dan menyampaikan  kepada warganya,"ungkap Taufan.

Menurut dia, Depok merupakan kota yang menjadi perhatian karena tingkat kemampuan dan pelayanan masyarakat dinilai baik dan berkualitas dalam pelaksanaan Pilkada.

"Tingkat partisipasi Pilkada tahun ini diharapkan meningkat karena hanya ada dua pasangan calon. Kami yakin kesuksesan Pilkada dicerminkan dengan tingkat partisipasi dan kerjasama semua pihak,"tegasnya.

Taufan optimis tim sukses pasangan calon akan bersemangat untuk mengajak masyarakat ikut mencoblos."Kalau ditarget 70 persen terlalu tinggi, kita sadari Pilkada 2010 saja hanya 51 persen dengan beberapa pasangan calon. Pilkada tahun ini paling tidak dibawah 70 persen, karena itu dibutuhkan keterlibatan masyarakat untuk sosialisasi,"jelas Taufan.

Wakil Walikota Depok Muhammad Idris optmis kalau tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada mendatang bisa mencapai 70 persen."Minimal kita upayakan sampai 70 persen, kalau diatas itu sepertinya sulit,"ujar Idris.

Dikatakannya, dengan hanya dua pasangan calon, masyarkat akan bisa lebih semangat,"Saat Pilpres dengan dua calon lebih tinggi, bisa jadi di Depok masyarakat lebih semangat, kali aja,"tutup Idris.(ndi)