Tim PPWK Berikan Wawasan Kebangsaan di Empat Sekolah

Sukmajaya | Depok Terkini

Tim Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Kota Depok kembali terjun ke sekolah guna memberikan materi wawasan kebangsaan kepada para siswa. Kali ini PPWK mengunjungi empat Sekolah Dasar Negeri (SDN) di kawasan kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok.

Ratusan siswa didampingi Kepala sekolah dan para guru dari empat Sekolah yaitu SDN 02 Abadijaya, SDN 06 Abadijaya, SDN 14 Mekarsari, dan SDN 24 Mekarsari terlihat sangat antusias menerima materi yang diberikan tim PPWK.

"Kehadiran kami disini untuk menjalankan amanat Permendagri No 71 tahun 2012 tentang pedoman pendidikan wawasan kebangsaan. Terima kasih kepada empat sekolah yang telah memfasilitasi kami,"ujar Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, Taufan Abdul Fatah saat menjadi inspektur apel pagi sekolah tersebut, Senin (21/9).

Dikatakannya, saat ini kondisi kebangsaan kita sudah cukup mengkhawatirkan akibat perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) serta dampak globalisasi dan faktor lainnya. Karena itu, pihaknya berupaya untuk meningkatkan kembali rasa nasionalisme dan cinta tanah air bagi semua kalangan, khususnya generasi muda.

"Jadi kami hadir disini dalam rangka memberikan pendidikan wawasan kebangsaan,"tegas Taufan.

Hadir dalam kegiatan tersebut anggota tim PPWK, diantaranya Kasat Bimas Polresta Depok Kompol Suharto, Pasi Ops Kodim Depok, unsur Dinas pendidikan Juma'it, wartawan, Kasi bina idiologi dan wawasan kebangsaan Kesbangpol Neneng Rochaeni, Darsono Kesbangpol dan Heti Agustiawaty selaku pengawas SD Kecamatan Sukmajaya.

Neneng Rochaeni anggota tim PPWK menambahkan, materi yang diberikan dalam bentuk puisi, paparan, pantun, lagu kebangsaan, kuis dan sejumlah pertanyaan disertai pemberian ratusan hadiah hiburan."Jadilah anak Indonesia yang cinta pada diri sendiri, cinta pada orang tua, keluarga, tetangga dan lingkungan, para guru, dan cinta pada negaramu,"tandas Neneng.

Kurnia salah satu siswa kelas VI mengaku senang mendapatkan materi wawasan kebangsaan sehingga dirinya mendapat tambahan pengetahuan dan wawasan."Saya bisa tau nama pejabat dan kalau bisa lebih sering diadakan acara seperti ini,"tutur Kurnia.

Kepala Sekolah SDN Mekarjaya 14, Marthina Sigin menilai kegiatan wawasan kebangsaan dari tim PPWK sangat bermanfaat bagi siswa mengingat kondisi wawasan kebangsaan anak-anak saat ini sudah semakin pudar.

"Meskipun kita sudah memberikan pelajaran wawasan kebangsaan melalui mata pelajaran PKN, dirasakan masih terbatas. Mudah-mudahan apa yang dilakukan tim PPWK bisa berkesinambungan dan menimbulkan dampak positif bagi siswa didik. Saya berharap jangan sekali saja datang kesini,"pinta Marthina.(ndi)