319 Ribu Kendaraan Bermotor Tercatat di Samsat Cinere

Cinere | Depok Terkini

Jumlah kendaraan bermotor di wilayah kerja Samsat Cinere tercatat sebanyak 319 ribu kendaraan. Ratusan ribu kendaraan tersebut tersebar di lima Kecamatan, yaitu di Limo, Cinere, Sawangan, Bojongsari dan Pancoran Mas.

"Jumlah kendaraan terus meningkat, setiap hari pertambahan jumlah kendaraan sebanyak 90 unit, terdiri roda dua berkisar 70 unit dan roda empat 20 unit,"kata Kasi Pendataan dan Penetapan Samsat Cinere, Hermawan Adam saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (3/11).

Menurut dia, pertambahan jumlah kendaraan bermotor itu menjadi potensi pendapatan pajak daerah. Apalagi ada sebagian warga Cinere yang memiliki mobil mewah dengan nilai Pajak kendaraan cukup tinggi dan sangat berpengaruh pada pendapatan pajak. 

”Lonjakan jumlah kendaraan terus bertambah, terutama untuk sepeda motor.  Namun beberapa bulan terakhir, pertambahannya sedikit menurun akibat melemahnya perekonomian,” ujar Adam.

Dikatakan Adam, dari 319 ribu kendaraan tersebut, tercatat realisasi pajak kendaraan bermotor (PKB) hingga triwulan ketiga tahun 2015 ini mencapai Rp.214,6 milyar."Realisasi pendapatan PKB selalu meningkat setiap tahunnya, seiring meningkatnya jumlah kendaraan,"terangnya.

Namun demikian, lanjut Adam, realisasi pendapatan itu masih belum maksimal disebabkan masih banyaknya masyarakat yang menunggak pajak kendaraan atau tidak melakukan daftar ulang (KTMDU).

"Jumlah yang tidak membayar pajak mencapai 27ribu orang, karenanya kita terus berupaya mengejar penunggak pajak, baik melalui razia atau terjun langsung menelusuri wajib pajak di wilayah,"tandas Adam.(ndi)