Ibu dan Anak Menghilang Dari Rumah Abangnya

Sukmajaya | Depok Terkini

Seorang ibu bernama Rusli Ambarita (68) bersama putrinya Bethesda Sidabutar (34), yang baru satu bulan tinggal bersama saudaranya Pahala Ambarita di Jalan Merdeka Timur No 19 RT 02/07 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, meninggalkan rumah sejak Jumat (20/11) sekitar pukul 11.00 Wib.

Ibu dan anak itu, yang memiliki keterbelakangan mental dan kurang mampu berkomunikasi dengan baik, meninggalkan rumah saat saudaranya tidak berada di rumah. “Keduanya meninggalkan rumah, saat saya dan istri pergi ke pesta. Setelah kami kembali ke rumah, keduanya sudah tidak ada lagi di rumah dan hanya membawa pakaian seadanya,” ujar Pahala Ambarita, Selasa (24/11).

Menurutnya, Rusli dan Bethesda saat meninggalkan rumah tidak memiliki uang yang cukup serta identitas seperti kartu tanda penduduk (KTP). Keluarga besar Pahala sudah mencari ke seluruh rumah keluarga di Kota Depok, Bogor dan Jakarta. Bahkan, sejumlah terminal bus telah ditelusuri, namun hasilnya nihil.

Dikatakan, ibu dan putrinya Bethesda, memiliki ciri-ciri yang sama yakni struktur gigi yang kurang rapi serta pada tangan dan kaki terdapat kerusakan warna (pigmen) kulit. Sementara Rusli, badannya agak gemuk. “Sebelumnya, ibu dan anak itu, tinggal di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Kemungkinan keduanya berusaha mau pulang ke kampung halamannya, tapi tidak memiliki uang yang cukup,” ucapnya.

Ditambahkan, ibu janda dan putrinya itu, diboyong ke Kota Depok karena di kampung halamannya tidak ada yang mengurusnya. “Setelah tinggal bersama saya, keluarga sudah mulai mengajari keduanya untuk mulai belajar mandiri seperti memasak dan menyuci pakaian,” jelasnya.

Dia yakin, kalau Rusli dan Bethesda masih berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Pasalnya, selain tidak memiliki uang biaya untuk pulang ke Samosir, juga tidak mengerti bus apa yang akan dinaiki ke sana. “Kalau pulang ke kampung, itu tidak mungkin. Karena, keduanya tidak bias membaca,” katanya.

Kepada masyarakat yang menemukan keduanya, Pahala minta agar dapat memberitahukannya ke Polsek Sukamajaya, Kota Depok. “Kami mohon bila masyarakat menemukan keduanya, agar dapat menyampaikannya ke Polsek Sukmajaya,” tambahnya. (Robino Hutapea)