Idris : Berdayakan Setu Jadi Potensi Wisata

Pancoran Mas | Depok Terkini

Semarak festival perahu naga yang digelar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kota Depok kerjasama dengan Dinas Pariwisata, Olahraga Seni dan Budaya Kota Depok di Setu Lio, Pancoran Mas merupakan ajang pemberdayaan Setu sebagai potensi wisata.

Festival Perahu Naga yang dibuka Wakil Walikota Depok, Muhammad Idris dihadiri Dandim 0508/Depok Letkol Inf Santosa, Ketua Koni Depok Amri Yusra, Pembina Podsi Kota Depok, Yetty Wulandari, Ketua Podsi Depok Sariyo Sabani, Para OPD, Camat Pancoran Mas Utang Wardaya, Kapolsek Pancoran Mas serta ribuan masyarakat.

Festival yang diikuti sedikitnya 30 tim dayung dimeriahkan pula dengan atraksi seni budaya diantaranya Barongsai, Marawis, dan Reog Ponorogo Puspo Budoyo dari Cimanggis, dan bazar.

Pembina Podsi Kota Depok Yetty Wulandari mengapresiasi Dinas Pariwisata dan Olahraga yang telah menyelenggarakan kegiatan bertemakan "Situ Depok Punya Gawe". Depok memiliki sumber daya alam berupa 23 setu yang bisa diekplorasi menjadi aset dan kekayaan pariwisata, olahraga dan budaya.

"Apa yang ditampilkan di festival ini merupakan miniatur olahraga, seni dan budaya. Mudah-mudahan legislatif dan pemerintah kota dapat bersinergi sehingga seluruh Setu di Kota Depok dapat dioptimalkan, diantaranya untuk pariwisata, resapan air dan budaya,"kata anggota DPRD Kota Depok itu.

Tak kalah penting, seluruh element masyarakat diharapkan dapat menjaga kebersihan dan kelestarian Setu sehingga bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Wakil Walikota Muhammad Idris sangat mendukung kegiatan ini, dan berharap keberadaan Setu bukan hanya sebagai resapan air tetapi bisa menjadi tempat wisata dan pesta rakyat.

"Ini menjadi pemicu kita untuk tetap semangat memberdayakan Setu sebagai tempat wisata."ungkap Idris.(ndi)