Idris Imbau Siswa Bisa Kampayekan KTR

Balaikota | Depok Terkini

Wakil Walikota Depok, Muhammad Idris bersama ratusan siswa SMA dan SMK menyaksikan tayangan 10 Finalis Film Pendekbertemakan "Kawasan Tanpa Rokok" di aula Perpustakaan Umum, Balaikota Depok, Selasa (24/11). Film berdurasi pendek itudibuat oleh siswa SMA/SMK se-Kota Depok dalam rangka Kampanye KTR sekaligus Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 yang digelar Dinas Kesehatan Kota Depok.

Menurut Kasi Promosi Kesehata Bidang PSDK Dinas Kesehatan Kota Depok, Tri Wahyuningsih. Rangkaian kegiatan Kampanye KTR dibuat dalam dua kegiatan yaitu lomba pembuatan film pendek dan festival band untuk siswa SMA sederajat. Tujuannya agar penyampaikan informasi melalui berbagai media terkait pendidikan kesehatan bisa sampai kepada siswa.

"Sasaran kita adalah siswa SMA yang masuk kategori remaja, agar mereka mengerti tentang kesehatan khususnya kawasan tanpa rokok,"ungkap Tri. Dikatakan, jumlah peserta pembuatan film pendek sebanyak 16 sekolah. Selanjutnya diseleksi oleh tim juri dari IKJ, dan  Dispora, menjadi 10 terbaik,"Nonton bareng ini adalah 10 finalis film terbaik, nantinya akan diseleksi oleh siswa yang
hadir menjadi lima terbaik, dan terakhir tiga film yang akan menjadi juaranya,"jelas Tri.

Wakil Walikota Depok, Muhammad Idris usai nonton bareng meminta kepada para siswa agar bisa mengkampanyekan KTR di sekolah masing-masing."Nonton bareng ini jangan sekedar hiburan tetapi harus dianalisa untuk bisa dikampanyekan di sekolah,"tegas Idris kepada para siswa.

Selain itu, Idris juga mengajak para siswa menerapkan trilogi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), salah satunya masalah pendidikan kesehatan."Program UKS itu dari kita dan untuk kita dalam melakukan usaha sehat. Termasuk pembuatan film pendek ini demi kesehatan sekolah,"ungkapnya.

Idris berharap, semoga film pendek yang dibuat siswa dapat bermanfaat dan bisa dijadikan duta peraturan daerah (Perda) tentang KTR."Ini semua demi kebaikan Kota Depok. Jaga kebersihan udara kita dari asap rokok. Saat ini udara di Depok masih terbaik,"tandas Idris.(ndi)