IKM Depok Tahun 2015 Meningkat 0,48

Balaikota | Depok Terkini

Berdasarkan hasil survei terhadap pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Depok. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tahun 2015 mengalami kenaikan 0,48 atau sebesar 80,66. Angka itu lebih tinggi jika dibandikan IKM tahun 2014 sebesar 80,18. Kenaikan IKM itu diketahui dalam acara Lokakarya IKM Kota Depok  yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Depok, di lantai 5 Balaikota Depok, Selasa (15/12).

Menurut Kabid Perencanaan Sosial Bappeda Kota Depok, Saeffudin. Survey dilakukan terhadap 21 layanan, terdiri dari 13 jenis pelayanan dasar, dan delapan jenis pelayanan perizinan."Survey dilakukan oleh pihak konsultan selama 3 bulan. Ini merupakan laporan akhir,"terangnya.

Ikhsan Nur Selaku Konsultan dari Arum Prakarsa Inforindo menjelaskan Kenaikan IKM dipengaruhi salah satunya dari layanan yang diberikan, dan juga dipengaruhi faktor-faktor diluar layanan tersebut."Secara umum sejak tahun 2011 hingga 2015 kisaran IKM Depok bernilai 80. Kategori layanan di dominasi sangat baik sebanyak 14 layanan, dan kategori baik sebanyak 7 layanan,"jelas Ikhsan.

Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan pelaksanaan kajian IKM di Kota Depok sudah berjalan secara berturut turut sesuai dengan Peraturan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi."Saya berharap kepada para OPD yang terkait dengan 21 jenis pelayanan, kajian ini dapat memberikan fitback secara obyektif, sehingga dapat memperbaiki kekurangan dalam pelayanan,"ujar Nur Mahmudi.(ndi)