14 Titik Jalan Dipasang CCTV

Cilodong | Depok Terkini

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok memasang sedikitnya 14 titik CCTV di beberapa jalan utama di wilayah Depok. Hal tersebut tak lain untuk memudahkan pengawasan terkait arus lalu lintas di wilayah.

“Kami bisa memantau langsung 14 titik simpang jalan raya dari ruang control yang ada di kantor kami. Hal itu juga dilengkapi dengan Area Trafic Control System (ATCS),” ujar Gandara Budiana, Kepala Dishub Kota Depok, Kamis (21/1).

Pernyataan tersebut diungkapkan Gandara di sela-sela peresmian Kantor Dinas Perhubungan yang berada di kawasan Kalimulya, Cilodong. Ia menjelaskan, bahwa keberadaan CCTV dipasang di jalan-jalan protokol.

“Jalur utama yang kami pasang CCTV di antaranya Juanda, Margonda, Ramanda, Tole Iskandar, Simpang Depok, Sengon, PLN, Cinere, Gandul, Mampang dan Bojongsari,” paparnya.

Dipasangnya belasan CCTV tak lain untuk mempermudah pemantauan kerawanan kemacetan. Dengan begitu, kata dia, jika diketahui ada suatau kondisi jalan yang macet pihaknya segera melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian.

“Kami ingin informasi tersebut dibagi juga dengan Satpol PP, Satpol PP nggak usah bikin lagi tinggal shering saja dari kami. Memang yang rawan itu setiap simpang jalan,” jelasnya.

Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il yang mencoba langsung ruang traffic control milik Dishub itu mengatakan, bahwa Dishub merupakan ujung tombak pelayanan ketertiban dan kelancaran kegiatan transportasi.

“Dari itu, kelengkapan-kelengkapan sarana yang saat ini dimiliki yaitu adanya CCTV dan lainnya akan melengkapi upaya-upaya kita dalam meningkatkan deteksi kemananan dengan aparat kepolisian dan TNI,” ungkapnya.

Dengan begitu, lanjutnya, akan diketahui situasi dan kondisi untuk memantau keamanan dan kelancaran wilayah. “Serta potensi-potensi yang membahayakan atau bentuk-bentuk kriminalitas dapat terditeksi dengan baik,” terangnya..RT)