Jalur Sepeda Jalan Margonda Diresmikan

Balaikota | Depok Terkini

Wakil Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail akhirnya meresmikan penggunaan jalur sepeda sepanjang 1,2 kilometer dan lebar 1,5 meter di Jalan Margonda Raya, Depok. Peresmian jalur sepeda yang menghabiskan anggaran Rp 172 juta itu ditandai dengan bersepeda bersama dengan unsur Forkopimda, pimpinan lembaga, Sekda, para asisten, kepala OPD, para Kabag dilingkup Setda, Camat, Lurah dan komunitas lainnya.

Menurut Nur Mahmudi Ismail, pembuatan jalur sepeda ini merupakan bagian dari konsep green city, serta usulan dari komunitas bikers, dan gerakan komunitas lainnya."Alasan lainnya ya untuk kesehatan kita bersama, karenanya kita sediakan lajur khusus sepeda,"ujar Nur Mahmudi Ismail didampingi Kapolresta Depok Kombes Pol Dwiyono, dan Komandan Kodim 0508/Depok Letkol Ingf Santosa, usai bersepeda mengelilingi Jalan Margonda, Depok, Jum'at (8/1).

Dikatakan, untuk sementara ini jalur sepeda masih menggunakan pembatasbatas berupa cat dan memang belum sempurna."Anggarannya belum sempurna, di tahun 2016 ini telah kita anggarkan lagi, tetapi lebih bagus lagi kalau pelaku usaha bisa berkontribusi dan berpartisipasi sehingga tidak perlu menyerap APBD tahun 2016. Kita akan tawarkan beberapa segmen untuk diambil dan dibiayai oleh para pengusaha dalam bentuk CSR nya,"jelasnya.

Terkait masih adanya kendaraan yang masih banyak menggunakan jalur sepeda, Nur Mahmudi menyatakan pihaknya bersama Polresta Depok, Dishub dan Satpol PP akan menertibkan mereka yang melanggar kawasan jalur sepeda, seperti parkir liar, dan adanya pedagang kaki lima."Kita akan tertibkan, jalur sepeda dari parkir dan pedagang,"tegas Walikota.

Nur Mahmudi menjelaskan, pembangunan jalur sepeda akan dilanjutkan pada segmen selanjutnya, diantaranya Jalan Raya Bogor hingga Jalan Dewi Sartika. jalan Sentosa, Jalan Kemakmuran, dan jalan Juanda,

"Jalan-jalan itu harus diperlebar dahulu dan nantinya disiapkan jalur sepeda,"tandasnya.(ndi)