NU Depok Siap Tampung dan Bina Mantan Gafatar

Sawangan | Depok Terkini

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kota Depok menyatakan siap menampung dan memberikan pembinaan bagi warga eks Gafatar yang kembali ke Depok.

"PC NU siap tampung eks Gafatar. Kita akan tampung anak-anak eks Gafatar di Pesantren dan Madrasah milik NU. Kita harus sadari bahwa mereka adalah warga bangsa Indonesia dan makhluk Allah yang juga harus dibantu,"ujar Ketua NU Depok Ust. Raden Salamun
seusai acara Rapat Pleno NU Depok, Rumah Joglo, Situ Pengasinan, Sawangan, Depok, kemarin.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya,  sedikitnya 83 orang dari 26 keluarga mantan Gafatar diterima Kemenag Depok di GOR Mekarsari.

Salamun mengungkapkan beberapa pesantren seperti Qotrunnada, Pesantren As-Saadah siap menampung anak eks Gafatar untuk diberikan pendidikan. "Kalau di Madrasah untuk memulihkan psikologis anak dan diajarkan pendidikan seperti pada umumnya,"terangnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Depok Kholid Mawardi menuturkan mereka akan ditampung sementara di GOR Mekarsari. Nantinya melalui Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok akan dikontrakkan rumah sebagai tempat tinggal sementara.

"Kita minta NU Depok turut serta dalam memberikan binaan dan bantuan untuk eks Gafatar. Sebab, mereka ada yang satu keluarga 9 orang dan tidak  ada keluarga di kampung. Tentunya, secara kemanusiaan suatu keharusan dalam membantu. Kita berharap agar bisa memberikan yang
terbaik,"ungkapnya.(huma)