Program Drainase Bersih, Bimasda Lebarkan Kali Jantung

Abadijaya | Depok Terkini

Dalam upaya mendukung 100 hari program kerja Walikota dan Wakil Walikota Depok, Dinas Bina Marga dan sumber Daya air (Bimasda) Kota Depok melakukan aksi bersih drainase dan saluran air di sejumlah wilayah di Kota Depok.

Seperti pembersihan sampah dan pelebaran drainase di sepanjang Kali Jantung yang melintasi wilayah Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok."Aksi drainase bersih sudah kita mulai sejak bulan

Maret sebagai aplikasi 100 hari program kerja Walikota Depok Mohammad Idris,"ujar Kepala Dinas Bimasda Kota Depok, Manto saat ditemui di lokasi aksi bersih di Perumahan Mutiara Juanda, Sukmajaya, Depok, Rabu (13/4).

Selain membersihkan sampah, lanjut Manto, guna mengantisipasi juga dilakukan pelebaran badan Kali Jantung sepanjang 1500 meter dari semula 2 meter menjadi 3 meter."Pelebaran ini dilakukan atas permohonan warga yang sering terkena banjir. Diharapkan dengan pelebaran ini lima wilayah kelurahan tidak akan banjir lagi,"ungkap Manto.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, aksi bersih drainase dan saluran air ini akan terus dilakukan hingga 100 hari. Selain Kali Jantung, aksi bersih juga akan dilakukan di Kali Jatimulya."Aksi bersih akan dilakukan secara bergantian, saya dan Wakil Walikota akan turun langsung ke lokasi,"tegas Idris didampingi Camat Sukmajaya Dadang Wihana.

Menurut Idris, program aksi bersih ini termasuk dalam sembilan sahabat Depok yakni sahabat lingkungan. Karena itu, walikota meminta dukungan warga untuk bisa memberikan informasi kepada pemerintah khususnya masalah kenyamanan.

"Informasikan kepada kami terkait keluhan melalui sms centre dan kami siap menindak lanjuti,"janji Idris.

Dalam aksi bersih tersebut, Walikota bersama Kadis Bimasda, Kepala BLH, Kabag Humas, dan Satgas banjir menaiki beko apung menelusuri Kali Jantung sambil mengangkat sampah hingga ke Setu Pengarengan di jalan Juanda.

Didin Hasanudin Ketua RT08/19, Kelurahan Abadijaya menyatakan sangat mendukung program normalisasi Kali Jantung yang dilakukan pemerintah kota Depok,"Kami sangat mendukung dan terima kasih atas perhatian Walikota Depok,"tandas Didin.(ndi)