Satgas Bimasda Temukan Tumpukan Ban Bekas di Gorong-gorong

Kota Kembang | Depok Terkini

Satgas Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok menemukan tumpukan ban mobil bekas yang sengaja di buang ke gorong-gorong saat melakukan aksi bersih-bersih di sejumlah wilayah.

“Memang rata-rata sampah menumpuk di saluran air sehingga menimbulkan sumbahtan. Tak hanya itu, kami juga menemukan ban bekas yang sengaja dibuang di saluran air tersebut,” ujar Manto, Kepala DBMSDA Kota Depok, Senin (11/4).

Selain didominasi oleh sampah plastik, lanjutnya, saluran air di Depok saat ini juga dipenuhi oleh lumpur (sedimen). Sehingga, drainase tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan air meluap ke jalan.

Lebih lanjut Manto mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukan dinasnya tak lain melalui swakelola dan tidak menggunakan dana APBD. Dikatakannya, pihaknya menggunakan tenaga Satgas Banjir yang ada untuk membersihkan saluran air di Depok.

Ada beberapa titik drainase yang telah dibersihkan di antaranya Jalan Raya Margonda, Arief Rahman Hakim, Dewi Sartika, Jalan Raya Sawangan, Raya Muchtar, Tole Iskandar, Siliwangi, Jalan Raya Kartini, Jalan Raya Cinere dan Jalan Raya Tapos.

“Kegitan tersebut tak lain untuk mendukung program 100 hari kerja walikota-wakil walikota saat ini agar drainase di Depok bersih dari sampah. Kegiatan tersebut swakelola dan memberdayakan satgas yang ada,” tandasnya.(rt)