Cilodong Deklarasikan Aksi Grebek Sampah

Cilodong | Depok Terkini

Kecamatan Cilodong mendeklarasikan gerebek sampah di Situ Cilodong dengan melakukan aksi bersih melibatkan anggota Divisi Infanteri I Kostrad, KOdim 0508/Depok, BLH, DKP, Bimasda, kelurahan, LPM, RW, RT serta seluruh warga sekitar Situ.

Grebek sampah ini merupakan wujud masyarakat kecamatan Cilodong dalam mendukung program Depok sahabat lingkungan.

Walikota Depok Mohammad Idris dalam kesempatan tersebut mengatakan, pada tahun 2013 telah di deklarasikan oleh seluruh LPM, RW, dan RT dari 11 kecamatan yaitu Depok bersih tahun 2020."Jadi deklarasi gerebek sampah di Cilodong ini sebagai penguatan dari komitmen untuk mewujudkan Depok bersih atau zero waste city,"ujar Idris saat menjadi inspektur upacara deklarasi gerebek sampah di Situ Cilodong, Kecamatan Cilodong, Depok, Jum;at (13/5)

Untuk mewujudkan Depok bersih, kata Idris, harus bisa melakukan pengolahan sampah yang diproduksi warga setiap harinya. Saat ini, kata Idris, jumlah penduduk Depok telah mencapai 2 juta lebih dan produksi sampah yang dihasilkan cukup besar dan jauh lebih besar. Karena itu , pemerintah kota telah membuat program untuk memotivasi, mendorong, dan mengajak seluruh masyarakat untuk peduli kebersihan lingkungan.

"Caranya dengan mengupayakan zero waste dari sumber sampah. Kalau bisa di setiap komplek diupayakan tidak ada sampah yang keluar kecuali sampah residu. Alhamdulillah beberapa komplek perumahan sudah melakukan pemilahan sampah dari rumah,"ungkap Idris.

dikatakan Idris, pihaknya juga akan bekerjasama di Tahun 2017 untuk membuang residu ke Nambo yang ada di Bogor. Kami mohon bantuan kepada seluruh masyarakat untuk turut andil dalam mewujudkan Depok Zero Waste City,” ujar Idris. Dalam rangka menuju Zero Waste City, prinsip Zero Waste City didasarkan pada empat hal yakni perencanaan, efisiensi, perubahan budaya dengan edukasi serta industrialisasi.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok, Wijayanto mengatakan Grebek Sampah merupakan bagian dari program Sahabat Sampah. Depok Zero Waste City diharapkan dapat terwujud di Tahun 2020. “Zero Waste City, Depok Besas Sampah, ditargetkan 2020 Depok bebas sampah artinya bukan tidak ada sampah, tapi perilaku masyarakat terhadap sampah lebih baik daripada yang sekarang. Karena Zero Waste City itu berbasis masyarakat, maka semua masyarakat dilibatkan. Kegiatan ini adalah simulasi saja, simulasi dan memberi contoh kepada masyarakat untuk menjaga lingkugannya,”tandas Wijayanto.

Posting Komentar

0 Komentar