UI Luncurkan City Car dan Bus Listrik

Beji | Depok Terkini

Universitas Indonesia (UI) meluncurkan Molina UI – EV Bus sebagai pelopor bis penumpang bertenaga listrik pertama di Indonesia. Bus tersebut dirancang bangun oleh Tim Mobil Listrik Nasional UI (Molina UI).

Tim Molina UI juga merancang bangun tiga kendaraan listrik lainnya yaitu Makara Electric Vehicle (MEV) 01, City Car konversi (MEV) 02 dan City Car konversi (MEV) 03.

Rifelly Dewi Astuti, SE, MM selaku Kepala Humas dan KIP UI menjelaska Molina UI – Bus EV merupakan bus berkapasitas 60 penumpang dengan daya motor 120 kW dan 300 Ah. Bus ini dirancang untuk dapat menggantikan bus kampus UI yang berbahan bakar solar. Molina UI – Bus EV ini telah menjalani uji coba berkeliling kampus UI Depok dan saat ini tengah
menjalankan uji level kelayakan untuk dapat diterapkan sebagai Bis Kuning (Bis keliling UI)," ujar Rifelly, di Taman Engineering  Center UI kampus Depok,  dalam rangkaian acara di acara Dies Natalis Fakultas Teknik UI (FTUI) ke-52, Senin (18/7).

Selain merancang kendaraan listrik, Rifelly menambahkan, juga diciptakan sistem termal untuk pendinginan kabin dan baterai serta sistem fluida berupa aplikasi jet sintetik untuk perbaikan aerodinamika kendaraan. Di bagian elektrik, Tim Molina UI juga berhasil merancang Power inverter
dan motor listrik dengan daya 25 kW. Sistem ini akan diaplikasikan pada mobil konversi yang telah dikembangkan.

Sedangkan untuk memudahkan komunikasi dengan mesin, dikembangkan pula perangkat embedded computer dan antar muka pengguna. Sistem ini akan digabungkan dengan sistem kestabilan dan pengujian kendaraaan. Saat ini, Tim Molina UI juga tengah mengembangkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik dengan menggunakan energi dari PLN dan sel surya. Namun, tidak hanya merancang bangun kendaraan dan sistemnya, Tim Molina UI juga menyusun kajian aspek ekonomi, hukum dan sosial budaya terhadap teknologi kendaraan listrik untuk mengetahui keberterimaan masyarakat terhadap kendaraan listrik dan juga bagaimana untuk dapat merancang rekayasa sosialnya.

Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met mendukung sepenuhnya upaya Tim Molina UI merancang bangun kendaraan listrik khususnya Bus Listrik  untuk kampus UI. “Secepatnya bis listrik ini akan difungsikan seperti layaknya bus kuning untuk mendukung visi UI sebagai green campus. Mengingat polusi udara dari waktu ke waktu semakin  meningkat, diharapkan inisatif UI menggunakan mobil listrik di dalam kampus dapat menjadi salah satu upaya untuk menekan angka polusi udara."tandas Anis.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar