Cegah Konflik, Pradi Minta Bangun Komunikasi Antar Umat Beragama

Pancoran Mas | Depok Terkini

Mengantisipasi terjadinya konflik antar umat beragama di Kota Depok seperti kejadian di Tanjung Balai, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu. Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna menegaskan harus dibangun komunikasi yang baik antar umat beragama di Kota Depok.

"Insya Allah Depok tidak ada kejadian seperti itu. Antisipasinya kita harus bangun komunikasi, orang Depok adalah orang-orang cerdas,"ujar Pradi saat menghadiri peresmian gedung Pastoral Paroki Santo Herkulanus di Jalan Irian Jaya, Kelurahan Depok Jaya, Pancoran Mas, Depok, Selasa (2/8/2016).

Menurut Pradi, kerukunan umat beragama di Kota Depok saat ini berjalan dengan baik dan terbukti dalam peresmian gedung Pastoral Paroki Santo Herkulanus dihadiri seluruh elemen umat beragama, seperti dari unsur pemerintahan, Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB), Pengurus PCNU Depok, pengurus MUI, Muhammadiyah, FPI, pastur, penedeta, ustad, unsur TNI Polri, dan tokoh agama lainnya.

"Sangat luar biasa kerukunan beragama di Depok, saling menghormati, menghargai dan ini bukan hal baru, tetapi sudah bertahun-tahun berjalan,"terang Pradi.

Dalam kesempatan itu, Pradi juga menyampaikan apresiasi kepada pimpinan gereja dan seluruh umat Katholik yang telah bersatu padu dalam membina, membangun keutuhan beragama sekaligus berperan aktif bagi kelangsung pembangunan di Kota Depok dalam mendukung tercapainya pembangunan sehingga terwujud visi Kota Depok yang unggul, Nyaman dan Religius.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo mengatakan diperlukan silaturahim guna mencegah terjadi konflik antar umat beragama. Perbanyak silaturahim, agar kita bisa membangun komunikasi yang baik, dan menciptakan harmonisasi.

" Intinya kita harus saling menghargai keberadaan agama apapun. Kalau itu sudah dilaksanakan saya yakin tidak akan terjadi konflik antar umat beragama. Saya yakin di Depok tidak akan terjadi hal seperti itu,"tegas Hendrik.

Ia menambahkan, penduduk Depok terdiri dari berbagai macam suku dan agama. Karena itu, apapun perbedaan kita harus disadari bahwa kita adalah sesama anak bangsa.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar