Warga Depok Sembelih 15430 Hewan Qurban

Balaikota | Depok Terkini

Ketua Panitia Pelaksanaan Fasilitasi Hari Keagamaan Kota Depok, Herman Hidayat mengatakan, jumlah hewan qurban yang disembelih di seluruh kecamatan dan kelurahan di Kota Depok pada Hari Raya Idhul Adha 1437 H mencapai 15.430 ekor hewan.

Jumlah itu terdiri dari :  sapi dan kerbau sebanyak 4590 ekor, domba dan kambing sebanyak 10.840 ekor."Total keseluruhan hewan qurban yang disembelih pada Idhul Adha tahun ini sebanyak 15.420 ekor,"ujar Herman sebelum sholat  Idhul Adha di Masjib Balaikota Depok, Senin (12/9).

Menurut Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Depok itu, jika jumlah hewan qurban tersebut dinilai dengan uang mencapai Rp.152 milyar."Jumlah itu masih bisa bertambah hingga tiga hari kedepan.  Hewan qurban itu merupakan amal ibadah kita semua,” tandas Herman.

Walikota Depok Mohammad Idris dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi mensiarkan agama Islam dengan melakukan penyembelihan kurban.

Menurut Walikota, Hakekat penyembelihan hewan kurban, tidak sekedar dari banyaknya jumlah hewan yang dikurbankan, tetapi ini semua dalam rangka meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

"Allah tidak memandang darah yang mengalir atau daging dari hewan sembelihan, tetapi yang dipandang Allah SWT adalah ketaqwaan dan ketaatan kita kepada Nya,"ujar Idris.

Selanjutnya hakekat lain dari berkurban, lanjut Idris, dengan menyembelih hewan kurban terdapat makna kepedulian dan kepekaan kita kepada masyarakat,

"mudah-mudahan ini akan terus tertanam dalam diri kita rasa kepedulian kepada kaum dhuafa dan warga kurang mampu. Makna yang harus diambil dari penyembelihan adalah seluruh sifat-sifat kebinatangan seperti kemunafikan, kerakusan, kezaliman, keserakahan dan ketidakadilan harus dihapuskan. Sifat-sifat kebinatangan inilah yang diminta Allah SWT agar disisihkan dari dalam diri. Kita potong, sembelih dan kuasai kebinatangan ini sehingga bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat ketika nilai-nilai kebinatangan itu bisa dihindari,"jelas Idris.

Walikota berharap penyembelihan yang dilakukan masyarakat tidak sekedar tumpahan darah dari hewan kurban tetapi banyak memberikan hal positif dan mencerahkan untuk terwujudnya kota Depok yang Nyaman, aman dan religius.(ndi)




Posting Komentar

0 Komentar