Kota Depok Raih Anugerah Intensifikasi PKB Terbaik

Balaikota, Depok Terkini

Kota Depok menjadi salah satu Kota terbaik dalam program Anugerah intensifikasi pajak kendaraan bermotor (PKB) dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat. Program ini merupakan kali pertama diadakan Gubernur dan Dispenda Jabar terhadap pemerintah kabupaten/kota yang konsen terhadap kebijakan dan kinerja Samsat di masing-masing daerah.

Sebagai bentuk penghargaan, Dispenda Jabar memberikan hadiah berupa satu unit mobil sosialisasi yang diserahkan Kasi Penerimaan dan Pendapatan Samsat Depok Iwa Sudrajat kepada Walikota Depok Mohammad Idris saat apel pagi di Balaikota Depok, Senin (24/10).

Menurut Iwa Sudrajat, Ada tiga kabupaten/kota yang terpilih dalam mendukung kebijakan intensifikasi PKB,"Untuk level Kota diraih Kota Depok, sedangkan tingkat Kabupaten diraih Bogor dan Garut,"jelas Iwa.

Dijelaskan Iwa, intensifikasi pajak yang dilakukan Pemkot Depok berupa penelusuran kendaraan yang tidak melakukan daftar ulang (KTMDU) ke rumah wajib pajak melalui kecamatan dan kelurahan,

"Sejak tahun 2011 kita sudah kerjasama dengan kecamatan dan kelurahan. Kita rekrut kader kader taat pajak di masing-masing kelurahan dan kecamatan. Itulah kontribusi pemkot Depok dalam membantu intensifikasi PKB di Samsat Depok. Realisasi pendapatan Samsat Depok selalu melebihi target yang ditetapkan,"ungkap Iwa.

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, pemerintah kota Depok aktif melakukan sosialisasi dalam upaya menyadarkan masyarakat agar tertib dalam membayar PKB. Namun demikian, Walikota juga mengakui masih ada sejumlah warga Depok yang membayar PKB ke wilayah lain.

"Kita ingin seluruh warga Depok bayar pajak kendaraannya di Samsat Depok. Bagi yang belum balik nama saat ini ada program bea balik nama gratis, ini harus dimanfaatkan warga Depok,"harap Walikota.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar