Pemkot Depok Fokus Awasi Jajanan di Sekolah

Balaikota, Depok Terkini

Dalam upaya menjaga kesehatan anak-anak di lingkungan sekolah, Pemerintah Kota Depok menyatakan akan fokus dalam mengawasi jajanan di lingkungan sekolah.

Walikota Depok Mohammad Idris mengimbau kepada pihak sekolah, yayasan, guru dan seluruh unsur sekolah melakukan pengawasan terhadap jajanan di lingkungan sekolah.

"Sekolah yang tidak memiliki kantin sehat, diimbau agar melakukan pengawasan terhadap makanan yang di jajakan di sekolah. Kalau anak-anak makan jajanan yang sehat, maka setelah lulus sekolah menjadi anak yang sehat," ujar Walikota disela acara Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2016 di lapangan Balaikota Depok, Selasa (18/10).

Menurut Idris, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para pakar gizi ternyata perilaku
kekerasan pada seseorang bisa ditimbulkan akibat banyak mengkonsumsi makanan serba instan seperti mie rebus dan gorengan.

"Perilaku kekerasan itu ada hubungannya dengan apa yang dia makan, kalau setiap hari makannya hanya mie instan dan gorengan bisa merubah sikap seseorang,"ungkap Idris.

Selain itu, Walikota juga mengimbau agar sekolah bisa menerapkan tiga pedoman dalam usaha
kesehatan sekolah (UKS). Trias UKS mencakup masalah pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.

" Trias UKS harus dipraktekkan disekolah, sekolah harus bisa gotong royong menyelesaikan masalah kesehatan pada anak-anak. Termasuk menjaga kesehatan di lingkungan. Semuanya harus perhatian terhadap kesehatan,"tegas Idris.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar