Sambut Hari Santri, NU Depok Akan Baca Sejuta Sholawat Nariyah

Pancoran Mas, Depok Terkini

Peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober disambut dengan suka cita dan penuh khidmat.  Salah satunya dengan  pembacaan satu milyar sholawat Nariyah  diselenggarakan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan acara puncaknya diselenggarakan di Banten yang akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Menangapi hal itu, Sekretaris PC NU Kota Depok Ust. Nasihun Syahroni mengungkapkan pihaknya mendapat bagian pembacaan sholawat Nariyah sebanyak 1 juta.  Nantinya dibaca secara serentak pada jumat malam  Sabtu  (21 Oktober-red)  seusai sholat Maghrib. Pembacaannya kita bagi ke Majelis Taklim, Pesantren dan Pengurus NU, ujarnya.

Ia mengungkapkan, pembacaan sholawat Nariyah merupakan instruksi dari PBNU yang dibaca secara serempak di tingkat Nasional yang dipusatkan di Pesantren Lirboyo, Kediri. Sedangkan,  NU Depok pembacaan  dipusatkan di Pesantren Ibnu Nafis. Menurutnya,  kegiatan ini adalah bagian dari doa atau  munajat untuk keutuhan  NKRI agar tidak  terpecah belah.  Kita juga menghimbau kepada badan Otonom NU dan  warga nahdliyin untuk membaca sholawat Nariyah di tempat masing-masing secara serentak pada malam 22 Oktober nanti.

Sementara itu, Ketua PC Muslimat NU Kota Depok Hj. Dewi Syarifah bahwa pihaknya juga turut serta pembacaan sholawat Nariyah melalui pengurus dan Majelis Taklim binaannya.

Ia mengungkapkan, pembacaan dilakukan di 11 Pengurus Anak Cabang (PAC) atau setingkat Kecamatan di 63 titik. Kita turut serta mensukseskan pembacaan sholawat tersebut. Tentunya, ini kita lakukan untuk doa bersama keselamatan dari  Depok untuk Indonesia.  Meski kita ibu-ibu, tapi kita asalnya dari santri dan sampai saat belajar di Majelis Taklim juga tetap sebagai santri, tandasnya.

Pembacaan sholawat Nariyah merupakan kegiatan yang tidak asing lagi di masyarakat atau santri. Salah satu keutamaannya adalah untuk keselamatan dan hajatnya agar tercapai. Biasanya, dibaca secara berkelompok atau dalam satu majelis pembacaan sholawat Nariyah dilakukan sebanyak 4444 kali.(Huma)

Posting Komentar

0 Komentar