Sukmajaya Berencana Bentuk Pengelola Sampah di Tingkat RW

Sukmajaya, Depok Terkini

Untuk mewujudkan Kota Depok bersih dan sehat serta bebas dari sampah tidak cukup dengan menggelar kegiatan-kegiatan seremonial lagi, sudah cukup banyak sosialisasi pengelolaan sampah, pemilahan sampah dan sosialiasi Perda-Perda terkait dilakukan. Kini saatnya diwujudkan dengan kerja nyata di lingkungan masyarakat.

Semua jajaran aparatur Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dari yang paling atas hingga paling bawah harus dan wajib untuk turun gunung bersama masyarakat di 11 kecamatan yang tersebar di 63 kelurahan mengaplikasikan program kerja unggulan kota belimbing ini, mewujudkan lingkungan Kota Depok bersih dan sehat serta bebas sampah.

Difokuskan pada kegiatan pemilahan sampah organik dan non-organik dari dalam rumah tangga, sehingga yang dibuang hanya sampah residu dan sampah yang tidak dapat didaur ulang. Ini seharusnya tidak perlu ditawar-tawar lagi untuk dilaksanakan semua orang yang tinggal di Kota Depok ini.

Terkait hal tersebut, Lurah Sukmajaya di Kecamatan Sukmajaya Achmad Munandar akan mengajak warganya untuk bersama-sama mengoptimalkan kinerjanya dalam mewujudkan program unggulan pemerintah di bidang lingkungan hidup. Salah satunya menerbitkan surat edaran agar di setiap lingkungan RW dibentuk koordinator pengelolaan sampah yang berkoordinasi dengan aparatur di kelurahan dan petugas DKP.

"Segera saya terbitkan surat edaran ke semua RW membentuk koordiinator pengelolaan sampah," kata Achmad Munandar, baru-baru ini. Pada kesempatan itu ia didampingi Ketua RW 09 Karsono dan Koordinator Kebersihan DKP Kota Depok wilayah Kecamatan Sukmajaya Agus Setiawan dan stafnya Cecep.

Wacana yang akan digulirkan Achmad Munandar itu disambut positif pengurus RW dan RT serta warga dan Agus Setiawan. Menurut mereka, wacana ini harus segera diimplementasikan, mengingat jumlah produksi sampah rumah tangga semakin besar dan pemilihan sampah di masyarakat belum berjalan maksimal.

"Wacana Lurah Sukmajaya bapak Achmad Munandar merupakan terobosan baru dan harus dilaksanakan segera. Jadi kegiatan nyata, tidak lagi seremonial kegiatan sosialisasi lagi. Sekarang harus kerja nyata bersama masyarakat dan aparatur pemerintahan di wilayah Keluarahan Sukmajaya," tandas Ketua RW 09 Karsono yang diamini Ketua RT 04/07 Mahri.(ash)

Posting Komentar

0 Komentar