Pembangunan Infrastruktur Primadona Musrenbang 2017

Sukmajaya, Depok Terkini

Bidang infrastruktur masih menjadi primadona pembangunan yang harus dilaksanakan di lingkungan masyarakat. Sementara bidang ekonomi, sosial dan budaya belum menjadi skala prioritas, walaupun untuk ketiga bidang tersebut sudah disosialisasikan kepada masyarakat untuk diusulkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) mulai dari tingkat kelurahan hingga Kota Depok.

"Ya, memang sampai saat ini pembangunan bidang infrastruktur masih menjadi primadona yang disampaikan masyarakat melalui usulan Musrenbang," kata Anwar Yudiono selaku Ketua LPM Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, Senin (23/1/2017).

Di samping itu, lanjutnya, pagu anggaran yang dikucurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk pembangunan di wilayah kelurahan yang sebesar Rp2 miliar masih diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur sebanyak Rp1,5 miliar. Juga, masih banyak dibutuhkan untuk penataan jalan lingkungan dan saluran air (drainase).

Seperti di wilayah Kelurahan Sukmajaya yang akan menggelar Musrenbang 2017 pada Rabu (25/1), tambah Anwar, bidang infrastruktur masih mendominasi usulan yang disampaikan warga melalui RT/RW. Masyarakat masih membutuhkan penataan lingkungannya, khususnya untuk jalan lingkungan (jaling) dan drainase.

"Di Kelurahan Sukmajaya yang terdiri dari 29 RW, ini masih ada jaling dan saluran air yang belum diperbaki atau ditata, kira-kira tinggal 5% lagi," tambah Anwar didampingi Lurah Sukmajaya Achmad Munandar.

Pada kesempatan itu, Anwar mengatakan, untuk usulan Musrenbang tahun 2015 sudah dirralisasikan 100% di tahun 2016 lalu. Diharapkan usulan Musrenbang tahun 2017 inj juga semuanya bisa direlisasikan 100% pada tahun anggaran 2018.

Tak beda dengan sejawatnya Ketua LPM Kelurahan Sukamaju di Kecamatan Cilodong, Aulia Haman yang mengakui bahwa bidang infrastruktur masih menjadi primadona pembangunan yang diusulan dalam Musrenbang 2017 yang akan di laksanakan pada Jumat (27/1).

"Sepertinya bidang sosial, ekonomi dan budaya belum menarik masyarakat untuk diusulkan dalam Musrenbang," kata Aulia didampingi Lurah Sukamaju Sumarna dan Babinkamtibmas Sukamaju Aiptu Warsono.(ash)



Posting Komentar

0 Komentar