Walikota Serahkan Mobil Ambulan ke Rutan Depok

Balaikota, Depok Terkini

Walikota Depok Mohammad Idris menyerahkan bantuan hibah satu unit kendaraan ambulan kepada Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kota Depok, Sohibur Rahman saat apel pagi di balaikota Depok, Jum,at (3/2/2017).

Menurut Idris, Pemerintah Kota Depok dalam tahun anggaran 2017 ini banyak pengadaan kendaraan diperuntukkan bagi instansi vertikal yang secara operasional instansi tersebut melayani warga Depok. Salah satunya pemberian kendaraan ambulan untuk Rumah Tahanan Depok yang saat ini menampung sekitar 60 persen dari 959 penghuni rutan adalah warga Depok.
" Dari jumlah itu, 70 persennya adalah kasus narkoba. Ini menjadi perhatian kita untuk berkolaborasi dengan instansi vertikal,"ujar Idris usai menyerahkan kunci ambulan kepada kepala rutan Depok.

Selain rutan, lanjut Idris, bantuan hibah kendaraan juga diberikan kepada Kantor Kementerian Agama, Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kejaksaan Negeri, dan DPRD."Tahun ini terbanyak pemberian hibah kendaraan bermotor untuk instansi vertikal,"ungkap Walikota.

Sementara itu, Kepala Rutan Depok, Sohibur Rahman menegaskan bahwa bantuan kendaraan ambulan ini sebagai bukti sinergitas pemerintah daerah kepada instansinya yang melayani para narapidana di Kota Depok.

"Kami apresiasi sangat luar biasa atas nama Kementerian HUkum dan Ham kepada Pemkot Depok. Kami terus menggalang komunikasi dengan Walikota sejak operasional," terang Rahman.

Rahman menjelaskan, mobil ambulan ini nantinya akan digunakan melayani warga narapidana yang sakit dan membutuhkan perawatan secara intensif.

" Selama ini jika ada napi yang sakit kita selalu pinjam ambulan dari Lapas Cibinong. Namun kami khawatir jika dalam kondisi darurat waktunya tidak terkejar. Dengan adanya ambulan ini maka kita bisa rujukan ketika medis di rutan tidak mampu menangani maka langsung dibawa ke RS rujukan. Kami tidak ingin ada komplain dari keluarga napi jika terlambat melayani kesehatannya,"tutup Rahman.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar