83 Warga Depok Operasi Katarak Gratis

Margonda, Depok Terkini

Sedikitnya 83 warga Depok penderita penyakit katarak antusias mengikuti operasi katarak secara gratis yang digelar Polresta Depok bekerjasama dengan PT Sido Muncul, Paramida dan Kodim 0508/Depok.

Bhakti sosial yang dilaksanakan di halaman Mapolresta Depok tersebut dihadiri Kapolresta Depok Kombes Pol Herry Heryawan, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, Dandim 0508/Depok Letkol Inf Slamet Supriyanto, dan Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat, serta jajaran anggota Polresta Depok, Selasa (7/03/2017).

Sukani salah satu penderita Katarak warga Kelurahan Meruyung, mengaku sangat senang bisa mengikuti operasi katarak gratis yang sudah lama ditunggunya. Kedua matanya sudah tidak dapat melihat atau menderita katarak sejak tahun 2013."Kedua mata saya sudah tidak bisa melihat dengan jelas. Mata kanan sudah dioperasi terlebih dahulu saat ada pengobatan gratis di UIN, dan sekarang tinggal mata kiri yang akan dioperasi di Polres Depok,"ujarnya.

Sukani merasa bersyukur mendapatkan operasi katarak gratis dari Polres dan sangat membantu sekali."Saya senang dan bersyukur bisa ikut program ini. Mudah-mudahan setelah di operasi penglihatan saya bisa normal kembali,"harap Sukani.

Hal yang sama juga dikatakan, Sukarti warga Kelurahan Sukmajaya. Ia mengatakan ikut operasi katarak gratis untuk mengobati kedua matanya yang sudah katarak sejak tiga tahun lalu."Saya cuma pedagang kecil, saya tidak mampu kalau harus berobat sendiri. Untungnya ada operasi gratis dari Polres. Terima kasih bapak polisi,"tuturnya.

Sementara itu, Kapolresta Depok, Kombes Pol Herry Heryawan mengatakan, melalui bakti sosial ini diharapkan dapat membantu dan meringankan beban warga Depok sekaligus sebagai implementasi dari upaya untuk meningkatkan kesehatan dalam rangka melindungi, mengayomi masyarakat Kota Depok.

Menurut Herry, penyakit katarak lebih banyak di derita masyarakat pedesaan terutama warga kurang mampu."Hampir 40 persen masyarakat pedesaan terutama warga kurang mampu menderita penyakit katarak. Penderita katarak biasanya berusia diatas 60 tahun. Jika penderita di bawah usia 60 tahun biasanya disebabkan gizi yang kurang baik. Penyakit ini bisa mengakibatkan kebutaan,"jelasnya.

Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi dengan digelarnya bakti sosial operasi katarak oleh Polresta Depok."kegiatan ini sebagai wujud perhatian dan keberpihakan kita semua kepada penderita katarak. Seperti diketahui biaya operasi sangat mahal, karena itu kegitan sangat membantu bagi warga kurang mampu sekaligus membantu pemerintah dalam menanggulangi penyakit gangguan penglihatan dan kebutaan,"katanya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar