Penyuluhan TMMD, Tumbuhkan Nilai Kejuangan di Masyarakat

Limo, Depok Terkini

Sedikitnya 100 warga se-Kelurahan Limo mengikuti penyuluhan pembinaan mental (Bintal) kejuangan di aula kantor Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok, Kamis (6/04/2017).

Penyuluhan yang merupakan kegiatan non fisik TMMD ke-98 tersebut menghadirkan nara sumber Kapten Arh Made Rumbiawan dari Bintal Kodam Jaya, serta dihadiri para ketua RT, RW, LPM, Toga, Tomas, serta kader PKK.

Dalam paparannya, Made mengatakan nilai kejuangan harus terus ditumbuhkan di masyarakat seperti gotong royong, menjaga kebersamaan, keamanan dan kepedulian terhadap lingkungan."Menjaga lingkungan, kebersihan, dan keamanan merupakan nilai kejuangan. Semuanya bisa menciptakan persatuan dan kesatuan,"ujarnya bersemangat.

Ia mencontohkan nilai kejuangan yang biasa terjadi di lingkungan. Jika ada sampah kita bersihkan secara gotong royong. Begitu pula kalau terjadi masalah keamanan, seperti ada maling jangan main hakim sendiri. Selesaikan masalah itu secara kekeluargaan melalui RT, RW. Namun jika cara itu tidak bisa diselesaikan, maka ditempuh jalur hukum.

"Nilai nilai kejuangan jangan sampai pudar di masyarakat. Memang saat ini sudah mulai berkurang rasa gotong royong di masyarakat, hal itu disebabkan faktor perkembangan teknologi,"ungkapnya.

Sementara itu, Rimat ketua RT01/08, kelurahan Limo mengatakan, dengan menghadiri penyuluhan TMMD ini di kelurahan merupakan salah satu nilai kejuangan dan bela negara. Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan sudah dilakukan secara rutin di wilayahnya."Kita juga harus bersikap ramah agar terjalin keharmonisan dengan warga. Saya datang ke kelurahan saja sudah nilai kejuangan,"tegasnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar