Kepsek dan Guru Diimbau Lakukan Evaluasi Jelang US

Sukmajaya, Depok Terkini

Kepala sekolah dan guru kelas VI diimbau memanfaatkan waktu tersisa  untuk melakukan evaluasi dan memberi materi pembelajaran tambahan bagi siswanya yang akan mengikuti Ujian Sekolah (US) pada 15-20 Mei mendatang. Orang tua juga harus membantu anaknya menyiapkan diri menghadapi ujian tersebut.

Imbauan itu disampaikan Kasie Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kota Depok Sada Sugiarto dalam pengarahannya kepada kepala sekolah dasar (Kepsek SD) dan guru kelas VI untuk wilayah kerja UPT Pendidikan TK/SD Kecamatan Cilodong dan Sukmajaya, baru-baru ini. Kegiatan itu berlangsung di SDN Kalimulya 1 dan Sukmajaya 5 dihadiri oleh Kepala UPT Pendidikan TK/SD Cilodong Ai Yulianingsih dan Ketua K3S Kecamatan Cilodong Dadi Mulyadi.

“Waktu satu minggu menjelang US harus dimanfaatkan guru dan kepsek untuki melakukan evaluasi terhadap materi pembelajaran yang diberikan kepada siswa, dengan tolok ukurnya pada hasil empat kali pelaksanaan try out (TO),” kata Sada.

Menurutnya, evaluasi itu dibutuhkan untuk memantapkan siswa kelas VI dalam menjawab soal-soal saat US. Sekaligus sebagai upaya meningkatkan hasil akhir tahun pembelajaran yang berdampak pada mutu atau kualitas pendidikan.

Menyikapi imbauan tersebut, Ai Yulianingsih mengatakan, pihaknya bersama kepsek dan guru kelas VI akan melaksanakan imbauan tersebut. Ini dilakukan, agar hasil akhir dari US tersebut dapat maksimal dan dapat meningkatkan prestasi akademik siswa.

Sementara itu Dadi Mulyadi menambahkan, proses pendidikan selama enam tahun di SD merupakan dasar dari semua pendidikan baik akademik maupun non akademik. Termasuk di dalamnya proses pembentukakkan karakter peserta didik.

“Ibarat sebuah bangunan dasarnya atau pondasinya harus kuat, begitu juga dalam proses pendidikan. Kalau dasarnya sudah kuat, maka siswa sudah kuat menghadapi proses di jenjang pendidikan yang lebih tinggi hingga mereka tumbuh dewasa sesuai dengan keinginan dan cita-cita mereka,” kata Dadi yang juga Kepala SDN Kalimulya 3 didampingi Kepala SDN Sukamaju 10 Mardanih dan Kepala SDN kalibaru 1 Nur Hasan.

Dadi menambahkan, enam tahun proses pendidikan dasar merupakan kawah candra dimuka untuk membentuk dan melahirkan para generasi penerus bangsa yang cerdas, tangkas, pintar, bertanggung jawab, beretika, bermoral dan bertoleransi.

Di bagian lain, Kepala SD Cahaya Sinagpore Montessori School (CSMS) Mike Sumual yang didampingi Kepala SDN Sukmajaya 5 R Eti Susanti dan Kepala SDN RRI Nasional Eti Suheryati, mengatakan di ssekolahnya ada 13 siswa yang sudah siap mengikuti US 2016-2017 pada 15-20 Mei mendatang.
“Di CSMS ada 13 siswa kelas VI yang siap mengikuti US. Mereka terdiri dari anak-anak keterunan negara asing, bahkan tahun ini ada dua siswa dari Amerika dan Turki yang siap mengikuti US,” kata Mike.(ash)

Posting Komentar

0 Komentar