Depok Siapkan Atlit Olahraga Tradisional ke Tingkat Provinsi Jabar


Pancoran Mas, Depok Terkini

Pemerintah KOta Depok tengah mempersiapkan atlit olahraga tradisional guna mengikuti lomba di tingkat Provinsi Jawa Barat pada 25 Juli 2017 di Kota Bandung.

" Hari ini diadakan lomba olahraga tradisional terdiri dari delapan cabang olahraga tradisional, dan pemenangnya akan diikutsertakan dalam lomba olahraga tradisional tingkat Provinsi jabar 25 Juli mendatang,"ujar Walikota Depok Mohammad Idris saat membuka Pekan lomba olahraga tradisional tingkat Kota Depok di stadion Merpati, Kelurahan Depok jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Sabtu (21/07/2017).

Menurut Idris, lomba di tingkat provinsi Jabar hanya memperlombakan lima cabang diantaranya
Saya berharap kepada adik-adik yang ikut lomba tetap semangat untuk bisa memenangkan di tingkat kecamatan. Pemenang hari ini isnya Allah akan diberangkatkan ke Bandung," ujar Idris.

Olahraga tradiosional ini dipopulerkan kembali karena sudah banyak terlupakan. Sebenarnya olahraga tradisional ini tidak hanya membina fisik saja, tetapi juga mengandung unsur kesehatan spiritual. idris mencontoh permainan galasin atau hadangan (gobok sodor). Permainan ini mengandung unsur spiritualitas diantaranya kejujuran antar pemain, tanggung jawab dan keberanian.

"Unsur spiritualitas ditanamkan dalam olahraga tradisional. Jadi dengan olahraga tradisional kita dapat nilai kesehatan dan nilai spiritualitas. Mudah-mudahan anak-anak Depok bisa mewakili hingga tingkat nasional,"harap Idris.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata), Agus Suherman menambahakan lomba olahraga tradisional tingkat kota Depok ini di ikuti 285 siswa dari 11 kecamatan. Olahraga yang dipertandingkan meliputi  hadangan, terompah, gasing, lari balok, balap karung, sumpitan, dagongan, dan enggrang.

"Kita ingin menguatkan kembali olahraga tradisional yang sudah semakin langka. Depok punya peluang juara pada cabang terompah,"ujar Agus didampingi Kasi olahraga Jabon Abdullah.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar