Tahfiz, Bahasa Arab & Inggris jadi Unggulan Ponpes Daarul Shafa

Bojongsari, Depok Terkini

Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Daarul Shafa di kawasan Kelurahan Pondok Petir, diminati para santri di tahun ajaran baru 2017/2018.
Para santri  dari tingkat MTs dan SMK yang bermukim di pondok tersebut tidak hanya berdatangan dari wilayah Jabodetabek, termasuk dari berbagai daerah di tanah air.

“Alhamdulillah keberadaan Ponpes Daarul Shafa sudah memasuki tahun ketujuh dan santri yang menetap tidak hanya datang dari Jabodetabek, tetapi ada juga  dari daerah seperti  Kalimantan,” ujar Ustaz Ahmad Rifky Umar Barayis pengasuh Pondok Pesantren Daarul Shafa, menjawab Depok terkini terkait dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  tahun ajaran baru 2017/2018, Rabu (19/07/2017).

Meski minat santri yang ingin sekolah sambil mondok cukup antusias, namun jumlah siswa baru yang diterima di ponpes tersebut jumlahnya dibatasi, hanya sekitar 150 santriawan dan santriwati untuk tingkat MTs dan SMK. Pembatasan ini dilakukan agar para santri yang menetap di ponpes tersebut dapat menyerap ilmu pelajaran yang diberikan para guru.

Metode pelajaran yang diberikan di ponpes tersebut, santri tidak hanya dibekali ilmu pendidikan agama, termasuk juga ilmu pengetahuan umum sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Selain itu, mereka juga dibekali ilmu akhlakul karimah, sehingga sepulang dari ponpes tersebut mereka akan memilah pergaulan  baik dan buruk di lingkungan masyarakat.

“Pendidikan yang kami berikan tidak hanya pengetahuan umum dan agama, tapi juga pembangunan karakter agar mereka tidak terkontaminasi pergaulan negatif di luar sana,” ujar Ustaz Lancip sapaan akrab Ahmad Rifky Umar Barayis.
 Selain itu, ditambahkannya, di pondok pesantren ini ditekankan pelajaran tahfiz qur’an dan pidato dua bahasa Arab dan Inggris. “Pelajaran ilmu tahfiz dan pidato dua bahasa ini ditekankan kepada semua santri menguasainya,” ulasnya.

Dengan bekal ilmu yang diperoleh diharapkan setelah keluar nanti, baik dari santri MTs dan SMK bisa mengamalkan ilmu yang diberikan. Namun khusus para santri baru baik di tingkat MTs maupun SMK sat ini masih diberikan penataran dan pengajian kitab sehingga saat masuk kelas dan mondok mereka sudah terbiasa.

Pondok Pesantren Daarul Shafa tepatnya berada di  lingkungan RT 02/ RW 05, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari saat ini masih terus melakukan pengembangan untuk ruang mukim para santri, ruang kelas sesuai tingkatan sekolah hingga ruang laboratorium.(dib)

Post a Comment