Tim PPWK Tanamkan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa Baru

Pancoran Mas, Depok Terkini

Dalam upaya menanamkan rasa patriotisme dan cinta tanah air kepada generasi muda, Tim Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Kesbangpol Kota Depok memanfaatkan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan memberikan materi wawasan kebangsaan di sejumlah sekolah di Kota Depok.

Tim PPWK mendatangi delapan sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Depok, salah satunya di SMP Negeri I Depok Jalan Pemuda, kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Senin (17/07/2017).

Kehadiran tim PPWK yang di komandoi Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok, Dadang Wihana disambut antusias ratusan siswa baru dan para guru di aula sekolah tersebut.
Dalam kesempatan itu, PPWK berupaya menanamkan wawasan kebangsaan dengan berbagai elemen utama yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Terkait dengan Pancasila, Dadang Wihana menekankan bahwa Pancasila harus menjadi pondasi yang kuat bagi para siswa, karena saat ini banyak sekali rongrongan idiologi yang bertentangan dengan Pancasila.



"Yang paling nyata saat ini adalah idiologi komunis yang mulai bermunculan. Belum lama ditemukan aplikasi di handphone dengan wallpaper palu arit. Ini sangat berbahaya, kita harus mencegahnya mulai sejak dini. Pancasila harus tetap menjadi ideologi bangsa,"tegas Dadang Wihana bersemangat.

Sedangkan terkait dengan Bhineka Tunggal Ika, kata Dadang, para siswa SMPN 1 sangat beragam, mulai dari suku, agama dan budaya. Ini merupakan cerminan keberagaman dan sebuah heterogen, dan perlu ditanamkan kepada siswa bahwa meskipun berbeda-beda tetapi tetap menjadi kesatuan dan tetap toleran.

Selanjutnya, Dadang juga mengenalkan pengertian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kepada siswa mulai dari susunan pemerintahan termasuk para pemimpinnya."Banyak siswa yang sudah hafal nama pemimpin nasional sampai pimpinan daerah. Ini cukup membanggakan,"terangnya.

Dadang juga mengingatkan kepada para siswa untuk menghargai bendera merah putih."Terkadang kita merasa sedih ketika melihat bendera jatuh ternyata tidak ada yang respon. Karena itu kita harus bisa membangkitkan bahwa bendera merah putih merupakan bagian dari hidup dan harus tetap menjadi jiwa dari siswa. Mudah-mudahan apa yang kita berikan ini bermakna potisif untuk anak-anak." harap Dadang.

Guru bidang kesiswaan SMP Negeri 1 Depok, Ida Achdiati menilai positif materi yang diberikan tim PPWK Kesbangpol Kota Depok. Menurutnya materi yang diberikan Kakan Kesbangpol dapat meningkatkan karakter siswa dan mengena pada tujuan dari MPLS.

"Alhamdulillah kesannya bagus dan luar biasa, siswa juga antusias. Mudah-mudahan materi yang diberikan PPWK tidak hanya berhenti saat MPLS saja, tetapi bisa kita teruskan juga dalam proses pembelajaran, seperti saat upacara di sekolah,"kata Ida didampingi guru BP, Dwi Kurnianingsih.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar