Ibu Negara Kunjungi Desa Tertinggal

Ibu Negara Iriana  Joko Widodo  meninjau kebun bibit
Kabupaten Tangerang, Depok Terkini

Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi salah satu Desa tertinggal Kampung Air di Desa Kohod Kecamatan Paku Haji,  Kabupaten Tangerang, Rabu (2/8).  Kunjungan Ibu Negara untuk meresmikan  program Kampung Sejahtera yang dicanangkan oleh Ibu-ibu Kabinet Kerja.

Sebelum meersemikan Iriana Joko Widodo meninjau berbagai  fasilitas penunjang yang telah dibangun di desa tertinggal tersebut seperti  Posyandu, Pendidikan Anak Usia Dini, Rumah Instan Sederhana Sehat, kebun bibit, lapangan bulu tangkis, sanitasi, jalan desa Dan rumah ibadah.

Yuli Zaki Iskandar mendampingi Iriana Jokowi saat meninjau Desa Kohod mengatakan, kunjungan Iriana Jokowi ini meresmikan sekaligus memastikan program Kampung Sejahtera yang dicanangkan oleh Ibu-ibu Kabinet Kerja/ Oase berjalan dengan baik.

Dijelaskan, Desa Kohod selama setahun ini menjadi perhatian Oase Cinta beserta Pemprov Banten dan Kabupaten Tangerang. Beberapa  masalah yang perlu dibenahi mulai dari infrastruktur, kesehatan, pengelolaan sanitasi dan partisipasi warga terhadap desa tertinggal ini sudah dilakukan sejak tahun 2016.

Dipilihnya Desa Kohod oleh Oase sebagai Kampung Sejahtera  karena desa tersebut dekat dengan Jakarta sebagai Ibukota Negara. Dulu sebelum dicanangkan sebagai kampung sejahtera, kondisisnya sangat memprihatinkan. Bahkan saat  pendataan dilakukan, terdapat 90-an rumah kumuh, infrastruktur jalan desa yang buruk, persoalan sanitasi dan lahan pertanian yang tidak bisa digarap oleh masyarakat setempat.

”Setelah dilakukan pembinaan, sekarang desa ini menjadi model kemandirian tingkat desa. Dulu terbelakang, sekarang warganya sedikit-sedikit sadar akan kesehatan dan kesejahteraanya,” tuturnya.

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar menegaskan, penetapan Desa Kohod sebagai percontohan desa sejahtera atas inisiatif para isteri menteri di Kementerian yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja.

Sejak ditetapkan sebagai kampung cinta binaan Oase pada 2016 lalu, Desa Kohod bersolek. Infrastruktur dasar desa itu diperbaiki, jalan kampung dan jalan setapak yang berada di desa itu yang dulu rusak, kini sudah dibeton dan  di konblok. Perbaikan sanitasi dan akses air bersih bagi warga serta bedah  rumah warga yang tak layak huni telah dilakukan dengan melibatkan banyak pihak.(sul).

Posting Komentar

0 Komentar