Pemkot Siap Data Ulang dan Bina Koperasi Tidak Aktif

Walikota melepas peserta funbike dan jalan santai HUT Koperasi
Balaikota, Depok Terkini

Walikota Depok Mohammad Idris melepas puluhan peserta jalan santai dan funbike HUT Koperasi ke-70 di lapangan Balaikota Depok, Minggu (07/08/2017). jalan santai dan funbike merupakan acara puncak dari berbagai rangkaian kegiatan seperti donor darah, bazar produk koperasi, sarasehan, khitanan massal, dan berbagai perlombaan.

"Funbike dan jalan santai ini merupakan simbol kesehatan, artinya koperasi dan anggotanya harus aktif dengan program-programnya yang dinamis sehingga tercatat sebagai koperasi yang sehat,"ujar Idris didampingi Kadis Koperasi dan UKM Fitriawan, serta Ketua Dekopimda Kota Depok Teguh Prajitno.

Saat ini, kata Walikota, jumlah koperasi yang dinyatakan sehat serta melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara rutin sekira 150 koperasi. Menurut Idris, RAT merupakan sebuah kewajiban sesuai dengan undang-undang dan sebagai sebuah sikap keterbukaan koperasi kepada anggotanya. Karena itu, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Koperasi dan UKM akan melakukan pendataan ulang dan pembinaan terhadap koperasi yang telah terdaftar agar bisa mengaktifkan kembali koperasinya termasuk penyelenggaraan RAT.

"Masih banyak koperasi yang tidak aktif. Karena itu Kita akan berupaya mengaktifkan kembali koperasi-koperasi yang tidak aktif tersebut," kata orang nomor satu di Kota Depok itu.

Idris menegaskan Koperasi sebagai lembaga usaha perekonomian rakyat dan berazaskan gotong royong dan kekeluargaan akan di fasilitasi sejak mereka mendaftar hingga melakukan pengembangan usaha koperasinya.

"Bantuan dan perhatian dari pemerintah adalah memfasilitasi bagaimana koperasi bisa eksis. Pembinaan bisa dilakukan lewat Dekomda dan Dinas sebagai lembaga koordinasi representatif di Kota Depok,"tandas Idris.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar