Walikota Tinjau Bencana Longsor di Cipayung

Walikota meninjau lokasi longsor di Pondok Jaya
Cipayung, Depok Terkini

Walikota Depok Mohammad Idris meninjau bencana longsor yang terjadi di Jalan Mandor Poncol RT03/05, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Depok, Rabu (06/09). Dua rumah yang terkena longsor terjadi akibat hujan deras pada Selasa (05/09/2017) sekitar pukul 16.30 WIB

Walikota didampingi Kepala Dinas PUPR, Manto, Camat Cipayung Asep Rahmat dan Lurah Pondok Jaya langsung melihat kondisi rumah yang terkena longsor dan memberikan penanganan cepat akibat bencana tersebut.

"Bencana longsor ini murni akibat faktor alam. Lokasi dua rumah yang tertimbun longsor selayaknya tidak diperuntukan didirikan bangunan karena kondisi tanah yang curam dan labil,"kata Idris.

Karena itu, tegas Idris, akan dilakukan rekayasa melalui upaya perbaikan-perbaikan dari sisi sipil. Tidak adanya sistem drainase menjadi faktor terjadinya longsor. Untuk itu, perlu dilakukan pembuatan crossing drainase agar air tertahan dan bisa langsung turun ke kali."Kita akan buat crossing drainase agar air bisa langsung ke kali Ciliwung. Langkah ini merupakan evaluasi terkahir kami,"tuturnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas PUPR, Manto Jorghi menambahkan pihaknya akan tetap berupaya melakukan normalisasi dengan membersihkan puing dan longsoran tanah. Selanjutnya membuat turap menggunakan bronjong yang lebih fleksibel, sekaligus fungsi jalan yang terkena jalan akan diperbaiki."Kita targetkan dua minggu pekerjaan sudah selesai,"tegas Manto

Sebagai langkah antisipasi menghadapi musim penghujan tahun ini, Manto mengku telah menugaskan satgas juru air untuk turun ke lapangan dan melakukan survei ke tiap jalan-jalan wilayah yang rawan banjir."Wilayah dan jalan yang berpotensi rawan longsor akan ditangani terlebih dahulu,"pungkasnya.(ndi)

Post a Comment