Breaking News

recent

Kontes Batu Akik Pandan Diapresiasi Wakil Walikota Depok

Sukmajaya, Depok Terkini

Ratusan pecinta batu akik pandan se-Jabodetabek mengikuti kontes batu akik pandan yang digelar di Jalan Merdeka, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Minggu (22/10)

Acara yang di prakarsai Komunitas Pandan Depok sekaligus HUT ke-2 ini mengenalkan berbagai jenis batu akik khas Betawi yakni batu akik Pandan yang merupakan batu legendaris.

"Batu akik pandan adalah batu yang kali pertama dipakai nenek moyang kita. Sampai sekarang menjadi batu legendaris,"ujar Bambang, selaku Ketua Komunitas pandan Merdeka.

Menurut dia, komunitas batu akik pandan sudah mencapai jutaan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia." Tujuan acara ini adalah ajang silaturahmi para pecinta batu pandan. Selain itu, kita ingin mengenalkan batu Pandan kepada masyarakat luas. Semoga kecintaan kita terhadap hasil bumi ini semakin kuat. Mari kita lestarikan batu akik pandan," ucap Bambang.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna yang hadir dalam acara tersebut memberikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini sebagai upaya pelestarian dan ajang kreativitas para peserta untuk menampilkan beberapa bentuk batu akik yang menjadi koleksinya."

Saya juga punya tiga batu pandan, yaitu pandan kapas, nanas dan pandan lumut. Karena itu, saya sangat apresiasi, ini merupakan salah satu momentum di mana para pecinta batu akik dapat menampilkan berbagai macam bentuk batu unik yang dimilikinya,” ujar Pradi.

Selain itu, lanjut Pradi, kegiatan ini sebagai wadah untuk berkumpul dan bersilaturahmi antara sesama pecinta batu akik." Ini merupakan sebuah kreatifitas sekaligus melestarikan kebudayaan. Batu pandan tidak terlepas dari budaya Betawi. Saya harap kegiatan ini jangan sekedar seremonial saja, tapi bisa didorong menjadi ivent yang bisa menghasilkan,"tutup Pradi.(ndi)

No comments